Bola Internasional

Dari Mo Salah hingga Zidane, Deretan Bintang yang Hampir Membela Newcastle United

Rabu, 13 Oktober 2021 11:05 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Grafis: Yanto/INDOSPORT
Newcastle United dan Pangeran Salman. Copyright: © Grafis: Yanto/INDOSPORT
Newcastle United dan Pangeran Salman.

INDOSPORT.COM – Akuisisi Newcastle United oleh konsorsium Arab Saudi membuat klub asal Tyneside ini digosipkan akan mendatang banyak bintang. Siapa sangka, sebelum diakuisisi nyatanya The Magpies hampir memboyong beberapa pemain berlabel bintang.

Newcastle United menjadi tim kaya baru di Inggris setelah konsorsium Arab Saudi, Public Investment Fund (PIF) mengakuisisi saham mayoritas sebesar 80 persen dari tangan Mike Ashley.

Sedangkan 20 persen saham tersisa, dimiliki oleh makelar akuisisi ini, yakni Amanda Staveley dengan 10 persen dan Reuben Brothers dengan 10 persen.

Akuisisi ini sendiri memakan dana mencapai 300 juta poundsterling (Rp5,8 triliun). Dengan nilai tersebut saja, akuisisi ini sudah merupakan salah satu akuisisi saham terbesar di sepak bola Inggris.

Selain itu, PIF yang diketuai Mohammad Bin Salman, memiliki sumber dana mencapai ribuan triliun rupiah yang membua Newcastle United pun akan mendapat suntikan dana besar-besaran untuk menjadi tim kelas wahid di Liga Inggris.

Setelah proses akuisisi ini, banyak media melaporkan beberapa nama yang kemungkinan akan diboyong Newcastle ke St James Park.

Tak tanggung-tanggung sederet bintang berlabel mahal pun terus dikaitkan mengingat kekayaan tak terbatas pemilik baru Newcastle.

Namun, jauh sebelum Newcastle mendatangkan bintang-bintang dengan nama besar,  terdapat nama-nama besar yang lebih dulu pernah dikaitkan dengan The Magpies bahkan sebelum diakuisisi oleh PIF.

Lantas, siapa aja deretan bintang besar yang hampir menjadi pemain Newcastle United sebelum akuisisi Mohammad Bin Salam dengan PIF?