Liga Inggris

Bantu Manchester City Bantai Brighton, Bintang Muda Inggris Dipuji Guardiola

Minggu, 24 Oktober 2021 15:05 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Indra Citra Sena
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Penampilan ciamik yang dipamerkan Phil Foden dalam lanjutan laga Liga Inggris 2021-2022 kontra Brighton and Hove Albion membuat ia dihujani pujian.

Di usia muda, gelandang serba bisa Manchester City masih punya ruang untuk mengasah kemampuannya. Begitulah pendapat dari pelatih Pep Guardiola.

Guardiola menempatkan Foden sebagai penyerang tengah saat menyambangi Amex Stadium. Hasilnya pemain berusia 21 tahun tersebut dapat mengantongi dua gol plus satu assist sekaligus menggondol gelar man of the match.

Tampil selama 90 menit penuh, jebolan akademi The Cityzens tersebut jadi penampil paling agresif dalam hal membuat tembakan. Dicatat oleh Whoscored, Phil Foden melepas delapan percobaan dengan akurasi 50 persen.

Tidak heran jika kemudian Guardiola menyanjungnya usai laga. Sang juru taktik menganggap anak asuhnya adalah atlet sepak bola sejati dengan kecerdasan tinggi.

"Ada pemain yang memainkan satu posisi saja dan ada pemain yang bermain sepak bola. Jika anda memainkan sepak bola, artinya anda bisa memainkan semua posisi karena memiliki pemahaman soal permainan itu sendiri," papar Guardiola.

"Phil punya kualitas untuk beroperasi di area sepertiga akhir lapangan. Entah itu sebagai false nine atau winger kanan maupun kiri. Ia gelandang yang punya naluri gol tinggi dan masih bisa jadi lebih baik lagi," tambah pelatih asal Spanyol tersebut.

Foden sendiri senang dengan apa yang ia tunjukkan kala melumat Brighton 1-4. Ia senang bisa cocok dengan peran barunya sebagai penyerang sentral dan berharap City bisa mempertahankan tren apik mereka di kancah domestik.