Bola Internasional

Ryan Gravenberch, Wonderkid Ajax yang Bikin Barcelona dan Juventus Saling Sikut

Selasa, 26 Oktober 2021 17:45 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Laurens Lindhout/Soccrates/Getty Images
Mengenal lebih dekat sosok wonderkid Ajax, Ryan Gravenberch, yang dikaitkan dengan dua klub raksasa, Barcelona dan Juventus, di bursa transfer. Copyright: © Laurens Lindhout/Soccrates/Getty Images
Mengenal lebih dekat sosok wonderkid Ajax, Ryan Gravenberch, yang dikaitkan dengan dua klub raksasa, Barcelona dan Juventus, di bursa transfer.

INDOSPORT.COM - Mengenal lebih dekat sosok wonderkid Ajax, Ryan Gravenberch, yang dikaitkan dengan dua klub raksasa, Barcelona dan Juventus, di bursa transfer. 

Masih berusia 19 tahun, pemain muda yang satu ini ternyata sudah diincar banyak klub besar untuk diboyong ke tim sepak bola mereka. Tentu saja tidak mengherankan, mengingat produk Ajax selalu tampil menggoda di lapangan.

Demikian halnya dengan Ryan Gravenberch, yang bahkan kabarnya juga diincar klub raksasa Inggris, Liverpool. Jadi ada berapa peminat yang ingin memakai jasanya? Sepertinya cukup banyak. Lantas, siapa wonderkid muda penuh potensi ini?

Ryan Gravenberch lahir di Amsterdam pada 16 Mei 2002 dan kemudian bergabung di akademi Ajax saat usianya delapan tahun. Tidak tanggung-tanggung, prestasinya pun cukup mentereng di level junior.

Ia juga menyabet Abdelhak Nouri Trofee alias Talent of the Future 2018, yang dianugerahkan kepada pemain muda yang bersinar di akademi. Pada waktu bersamaan, ia juga mengikat kontrak profesional dengan Ajax hingga 2021.

Banyaknya mata yang memandang para pemain muda Ajax pun tidak lepas dari momen klub Belanda ini berlaga di Liga Champions 2018-2019. Saat itu, materi pemain mereka lebih banyak didominasi para talenta muda.

Sebut saja beberapa nama seperti Matthijs de Ligt, Frenkie de Jong, Andre Onana, dan Donny van de Beek, yang tiga di antaranya bahkan sudah berpindah klub sekarang.

Hal ini menunjukkan bagaimana para klub besar di luar sana begitu meminati para pemain muda Ajax untuk dijadikan aset dalam tim. Apakah Ryan Gravenberch akan segera menyusul kawan-kawannya itu?

Tentu saja bisa. Pada tahun 2018, gelandang Timnas Belanda ini tercatat sudah melakukan debut seniornya bersama Ajax, tepatnya ketika melawan PSV Eindhoven.

Ia pun dinobatkan sebagai pemain termuda Ajax yang bermain di Eredivisie. Kala itu, usianya 16 tahun 130 hari, menyalip rekor sebelumnya yang dipegang Clarence Seedorf (16 tahun 242 hari).

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%