Liga Italia

Bikin Kontroversi Penalti, Wasit Inter Milan vs Juventus Angkat Bicara

Rabu, 27 Oktober 2021 21:45 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Indra Citra Sena
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Wasit yang memimpin pertandingan Liga Italia antara Inter Milan melawan Juventus pada Senin (25/11/21), Maurizio Mariani, menolak berkomentar atas insiden penalti yang melibatkannya di laga tersebut. 

Apabila hendak membahasnya, pihak media harus melakukan kontak terlebih dahulu dengan asosiasi korps baju hitam Italia. Prosedur ini jelas diambil untuk menjaga keamanan serta kredibilitas wasit di Serie A dan kompetisi-kompetisi lainnya.

"Anda tahu betul jika kita tidak boleh membicarakan ini. Pada asosiasi seharusnya anda mengajukan permohonaan terlebih dahulu. Ada aturan yang harus dihormati," papar Mariani pada Calciomercato.

"Jika sudah diberi izin oleh asosiasi wasit barulah aku boleng angkat bicara. Ada orang yang mengurus perihal seperti ini," tambahnya lagi.

Di grande partita bertajuk Derby d'Italia yang terbaru lalu Mariani mengubah jalannya laga saat memberikan tendangan penalti pada Juventus di 10 menit terakhir. Pemicunya adalah dugaan pelanggaran kepada Alex Sandro yang dilakukan oleh Denzel Dumfries.

Akan tetapi, insiden yang terjadi di dekat garis kotak penalti tersebut jika dilihat dari tayangan ulang tidak menunjukkan kontak antara Dumfries dan Sandro. Mariani sendiri sudah melakukan pengecekan dengan bantuan VAR (Video Assistant Referee).

Penalti kemudian tetap diberikan pada tim tamu dan Paulo Dybala tidak mensia-siakan kans emas tersebut untuk menyamakan skor menjadi 1-1. Di Giuseppe Meazza, Inter Milan sebelumnya unggul lebih dulu berkat gol Edin Dzeko.