In-depth

3 Trio Rafael Benitez yang Bisa Gantikan Jurgen Klopp di Liverpool

Sabtu, 30 Oktober 2021 19:20 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Ryan Pierse/GettyImages
Berikut tiga sosok yang mungkin bisa gantikan Jurgen Klopp di Liverpool. Copyright: © Ryan Pierse/GettyImages
Berikut tiga sosok yang mungkin bisa gantikan Jurgen Klopp di Liverpool.

INDOSPORT.COM - Keberadaan Jurgen Klopp masih krusial bagi klub Liga Inggris, Liverpool. Namun akan tiba waktunya suatu hari nanti ia harus angkat kaki dari Anfield.

Jurgen Klopp telah mengabdi untuk Liverpool sejak tahun 2016. Ia adalah salah satu saksi hidup bagaimana The Reds berevolusi jadi tim yang lebih baik dari masa ke masa, tahun ke tahun.

Bahkan, ia adalah bagian dan pencetus evolusi itu sendiri, berhasil menyulap Liverpool jadi juara Liga Inggris setelah 30 tahun, begitu juga raja Eropa untuk keenam kalinya sepanjang sejarah Liga Champions.

Desas-desus tentang masa depan Jurgen Klopp sejatinya sudah mencuat sejak beberapa waktu lalu. Bahkan, tidak sedikit yang berusaha menerka-nerka siapa pengganti yang tepat untuk diberi tongkat estafet manajer The Reds selanjutnya.

Nama-nama seperti Steven Gerrard dan sederet pelatih beken lainnya pun bermunculan. Akan tetapi, untuk saat ini Klopp masih betah membesut Liverpool dan nampaknya belum akan pergi dalam waktu dekat.

“Apakah yang akan Anda lakukan? Apakah Anda akan menangani Timnas Jerman? Apakah Anda akan melakukan ini, itu,” ujar Klopp ketika membahas beragam pertanyaan yang muncul tentang rencana masa depannya.

“Apa? Saya masih punya waktu tiga tahun di Liverpool. Saya ada di sini dan penuh energi,” kata Klopp kepada This Is Anfield.

Namun ada kemungkinan Klopp akan pergi dari Liverpool ketika masa kontraknya berakhir pada 2024 mendatang. Saat hari itu pada akhirnya tiba, siapakah yang layak menggantikan pelatih yang terkenal nyentrik ini?