Liga Indonesia

Prediksi Pertandingan Liga 1: Persipura vs Bali United, Kental Aroma Samba

Kamis, 4 November 2021 19:05 WIB
Kontributor: Nofik Lukman Hakim | Editor: Indra Citra Sena
© Grafis: Yuhariyanto/Indosport.com
Pertandingan antara Persipura Jayapura vs Bali United (Liga 1 BRI). Copyright: © Grafis: Yuhariyanto/Indosport.com
Pertandingan antara Persipura Jayapura vs Bali United (Liga 1 BRI).

INDOSPORT.COM - Berikut prediksi pertandingan pekan ke-11 Liga 1 2021-2022 antara Persipura Jayapura melawan Bali United di Stadion Sultan Agung, Bantul, Jumat (5/11/21) malam. Adu taktik dua pelatih Brasil.

Pertemuan tim Jacksen Tiago melawan tim Stefano Cugurra selalu menarik. Bila ditarik jauh ke belakang, Teco, sapaan akrab pelatih Bali United, datang ke Indonesia pada akhir 2003 atas ajakan Jacksen. 

Kala itu, Teco meninggalkan posisinya di klub Singapura dan menjadi asisten Jacksen di Persebaya Surabaya. Duet ini sukses mengantarkan Danilo Fernando dkk. menjuarai Liga Indonesia 2004. 

Persebaya mengoleksi 61 poin atau sama dengan PSM Makassar, tapi unggul produktivitas gol. Beberapa tahun kemudian, kedua sosok ini menapaki jalannya sendiri-sendiri dan Teco sudah menjadi pelatih kepala.

Tec akhirnya mulai mengejar kesuksesan Jacksen yang telah memenangi gelar Liga Indonesia 2004, 2008-2009, 2010-2011 dan 2013. Dia membawa Persija Jakarta juara musim 2018 dan Bali United (2019). 

Kini, keduanya akan bertemu sebagai lawan. Posisi Jacksen tak mudah jelang pertemuan dengan mantan asistennya. 

Dalam 10 laga di Liga 1 2021-2022, Persipura baru mengoleksi lima poin, hasil sekali menang, dua kali seri dan tujuh kali kalah. Persipura ada di posisi ke-17 alias zona degradasi.

Situasi bertambah sulit karena Persipura tak akan diperkuat dua palang pintu, Henrique Motta dan Donny Monim, akibat mengalami masalah di laga terakhir lawan Persib Bandung. Duet Ricardo Salampessy dengan Brian Fatari berpotensi jadi opsi pengganti.

Namun, kekuatan bek kiri akan bertambah dengan kembalinya Irsan Lestaluhu. Lini depan juga ketambahan Ramai Rumakiek dan Gunansar Mandowen. Ketiganya sudah kembali dari timnas Indonesia U-23. Daya gedor Persipura akan bertambah kuat. 

Persipura harus memanfaatkan laga ini untuk mengakhiri seri kedua dengan kemenangan. Bekal tiga poin bisa menjadi penyemangat menatap seri tiga, sekaligus memperpendek jarak dengan Persik Kediri yang setingkat di atas zona degradasi dengan sembilan poin.

Namun, target menang jelas tak akan mudah didapat. Bali United bukan lawan yang mudah untuk dikalahkan. Apalagi, dalam dua laga terakhir, Bali United tak kebobolan, dengan rincian menang 2-0 atas PSS Sleman dan bermain tanpa gol dengan PSIS Semarang.

Bali United pasti ingin memaksimalkan laga lawan tim papan bawah untuk mencari kemenangan. Tiga poin dibutuhkan Bali United untuk mendekatkan diri dengan tiga tim teratas.

Bali United kini mengoleksi 16 poin, atau sama dengan Persebaya Surabaya dan PSM Makassar. Mereka selisih 9 poin dengan sang pemuncak klasemen Bhayangkara FC. The Guardian dibuntuti Persib Bandung dengan 22 poin serta Arema FC dan PSIS dengan 19 poin.

Dalam laga ini, Bali United masih tak diperkuat Wawan Hendrawan dan M Rahmat. Namun, penggantinya tak kalah bagus. Nadeo Argawinata di bawah mistar sukses clean sheet dua laga terakhir. Sementara posisi sayap ada Stefano Lilipaly yang telah kembali garang.

Adu strategi dua samba pasti akan berjalan menarik. Dua tim sama-sama dimotori dua gelandang serang asal Brasil. Bali United punya Eber Bessa dan Persipura punya Hedipo Gustavo. Siapa yang lebih siap menghadapi pertandingan pasti akan mengamankan tiga poin.

Prakiraan Pemain:

Persipura Jayapura (4-3-3): Fitrul Dwi Rustapa; Israel Wamiau, Brian Fatari, Ricardo Salampessy, Irsan Lestaluhu; Hedipo Gustavo, Takuya Matsunaga, Ian Kabes; Todd Ferre, Yevhen Bokhashvili, Ramai Rumakiek

Bali United (4-2-3-1): Nadeo Argawinata; Andhika Wijaya, Haudi Abdillah, Willian Pacheco, Ricky Fajrin; Brwa Nouri, Rizky Pellu; Stefano Lilipaly, Eber Bessa, Melvin Platje