In-depth

Mengenal Elkan Baggott, Diperebutkan Thailand tapi Memilih Pegang KTP Indonesia

Selasa, 9 November 2021 23:37 WIB
Editor: Juni Adi
© Naufal/PSSI
Elkan Baggott saat berlatih bersama Timnas U-19 4. Copyright: © Naufal/PSSI
Elkan Baggott saat berlatih bersama Timnas U-19 4.

INDOSPORT.COMElkan Baggott merupakan wonderkid berdarah keturunan Indonesia yang kini resmi memilih menjadi WNI dan siap membela Timnas Indonesia seutuhnya.

Nama wonderkid klub Liga Inggris Ipswich Town, Elkan Baggott baru-baru tengah menjadi buah bibir di sepak bola Tanah Air. 

Pasalnya, pemain yang kini berusia 19 tahun itu telah memilih menjadi warga negara Indonesia (WNI) setelah sebelumnya mempunyai kesempatan untuk menjadi warga negara Inggris dan Thailand selain Indonesia.

Hal tersebut dikarenakan Elkan Baggott merupakan pemain sepak bola kelahiran Thailand, dari orang tua campuran ayah Inggris dan ibu asli Indonesia.

Menginjak usianya yang sudah 19 tahun, maka sudah menjadi kewajiban bagi Elkan Baggott untuk menentukan paspor kewarganegaraannya dan ia memilih menjadi WNI.

Kepastian tersebut diketahui setelah Elkan Baggott resmi mendapatkan e-KTP Indonesia, yang baru dibuatnya di Kantor Dinas Dukcapil, Jakarta, pada Selasa (09/11/21).

“Benar yang bersangkutan adalah WNI,” kata Dirjen Dukcapil Zudan Arif Fakrullah.

Zudan mengatakan prosedur kewarganegaraan Elkan Baggot bukanlah naturalisasi. Melainkan memang memilih sebagai WNI.

“Bukan naturalisasi, karena orang tuanya WNA dan WNI, maka dia bebas memilih untuk menjadi WNA atau memilih menjadi WNI. Dalam hal ini dia memilih menjadi WNI mengikuti KK ibunya,” ujarnya.

Lantas seperti apa sosok Elkan Baggott yang kini siap 100 persen membela Timnas Indonesia di ajang internasional? berikut ulasan profil lengkapnya: