Bola Internasional

Mitchell van Rooijen, Eks Gelandang Timnas Belanda yang Bisa Jadi Opsi Shin Tae-yong

Jumat, 12 November 2021 13:49 WIB
Editor: Subhan Wirawan
© vvv-venlo.nl
Mengenal sosok Mitchell van Rooijen, mantan gelandang Timnas Belanda yang bisa jadi opsi Shin Tae-yong untuk mengisi pos lini tengah Timnas Indonesia. Copyright: © vvv-venlo.nl
Mengenal sosok Mitchell van Rooijen, mantan gelandang Timnas Belanda yang bisa jadi opsi Shin Tae-yong untuk mengisi pos lini tengah Timnas Indonesia.

INDOSPORT.COM – Mengenal sosok Mitchell van Rooijen, salah satu mantan gelandang Timnas Belanda yang bisa jadi opsi Shin Tae-yong untuk mengisi pos lini tengah Timnas Indonesia. Layak dicoba?

Jelang tampil di gelaran Piala AFF 2020 akhir tahun nanti, pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memang bekerja keras untuk mematangkan skuatnya.

Termasuk menyodorkan empat nama pemain keturunan yang mentas di luar negeri kepada pihak PSSI untuk bisa dinaturalisasi.

Dari empat nama tersebut, ada sosok Jordi Amat dan Sandy Walsh yang memang belakangan gencar dirumorkan bakal memperkuat skuat Garuda.

Kabar mengenai naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh berhembus sendiri saat salah satu pejabat PSSI tanpa sengaja memperlihatkan dokumen yang berisi foto Jordi Amat dan Sandy Walsh. 

Disinggung hal ini, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, tidak menampik. Baginya ia memang memberikan kebebasan kepada Shin Tae-yong untuk mencari pemain.

Iriawan pun menambahkan bahwa ia tetap dalam komitmennya yang akan mengakomodir keinginan Shin Tae-yong. Termasuk perihal pemain naturalisasi yang diinginkan.

Selain Jordi Amat dan Sandy Walsh, sejatinya cukup banyak pemain-pemain keturunan di Eropa yang punya prestasi mentereng dan layak mendapat kesempatan memperkuat Timnas Indonesia.

Salah satunya adalah Mitchell van Rooijen, eks gelandang Timnas Belanda yang bisa jadi opsi jenderal lapangan tengah dalam taktik Shin Tae-yong.

Profil Singkat

© fcutrecht.nl
Mitchell van Rooijen, Eks Gelandang Timnas Belanda yang Bisa Jadi Opsi Shin Tae-yong Copyright: fcutrecht.nlMitchell van Rooijen, Eks Gelandang Timnas Belanda yang Bisa Jadi Opsi Shin Tae-yong

Mitchell van Rooijen lahir di Utrecht, Belanda pada 22 Desember tahun 1998. Melansir dari laman Footballtalentnesia, disebutkan bahwa pemain berusia 22 tahun ini memiliki darah Indonesia dari salah satu orangtuanya yang berasal dari Maluku.

Mitchell van Rooijen pun mengakui jika ia memang punya darah Indonesia, dan merasa bangga dengan hal tersebut.

Dalam karier sepak bolanya, Mitchell van Rooijen yang besar Utrecht banyak menghabiskan waktu dengan berlatih bersama tim akademi Utrecht.

Tercatat sejak tahun 2008 hingga 2016, Mitchell van Rooijen rutin memperkuat tim junior FC Utrecht sebelum akhirnya menembus skuat Jong FC Utrecht yang mentas di kasta kedua Liga Belanda.

Bersama Jong FC Utrecht, statistik permainan Mitchell van Rooijen terbilang cukup mengesankan dengan catatan 72 pertandingan dan torehan 9 serta 4 assists di Keuken Kampioen Divisie.

Bahkan pada tahun 2019, Mitchell van Rooijen sempat dipercaya untuk menjadi kapten tim selama 20 pertandingan dan membantu Jong FC Utrecht meraih tujuh kemenangan.

Di Jong FC Utrecht juga, Mitchell van Rooijen pernah dua kali satu satu dengan pemain keturunan Indonesia lain yakni Shayne Pattynama dan Tommy St. Jago.

Pada 26 Juli 2021, Mitchell van Rooijen memutuskan pindah ke VVV-Venlo, tim yang juga diarsiteki oleh pelatih berdarah Maluku, Jos Luhukay.

Sejauh ini, duet Jong Ambon tersebut telah membawa VVV-Venlo bertengger di posisi 15 klasemen dari total 20 peserta Keuken Kampioen Divisie (kasta kedua Liga Belanda).