In-depth

Sint-Truidense, Klub Eropa yang Kecanduan Datangkan Pemain Asal Jepang

Jumat, 12 November 2021 19:15 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Grafis: Yuhariyanto/Indosport.com
Logo Sint-Truedense. Copyright: © Grafis: Yuhariyanto/Indosport.com
Logo Sint-Truedense.

INDOSPORT.COM – Jarang klub Eropa mau memberikan kesempatan untuk pemain Asia. Namun ada satu klub yang seakan kecanduan dan terus mendatangkan pemain asal Jepang. Klub itu adalah Sint-Truidense.

Sint-Truidense atau Sint-Truiden merupakan klub yang berkompetisi di kasta teratas Belgia, Jupiler Pro League. Klub ini sendiri telah berdiri sejak 23 Februari 1994.

Klub berjuluk De Kanaries ini lahir setelah dua tim asal daerah Sint-Truiden, FC Union dan FC Goldstar melakukan merger.

Dalam sejarahnya, Sint-Truiden bukanlah tim papan atas Belgia layakna Anderlecht, Club Brugge, Standard Liege ataupun KRC Genk.

Sint-Truiden belum pernah menjuarai Jupiler Pro League. Pencapaiannya terbaiknya di kancah liga hanyalah menjadi Runner Up. Itupun di musim 1965/66.

Di kasta teratas, Sint-Truiden hanya sekali memenangkan gelar yakni Piala Liga Belgia pada musim 1997/98. Selebihnya, gelar juara hanya didapat di kasta kedua yakni sebanyak empat kali.

Meski bukanlah tim papan atas, Sint-Truiden merupakan klub yang mampu menarik minat para pecinta sepak bola Jepang. Pasalnya, klub ini terhitung rutin dan bisa dikatakan kecanduan mendatangkan pemain-pemain dari negeri Sakura.

Hal ini terbilang cukup unik. Pasalnya, jarang klub-klub Eropa apalagi untuk klub Belgia, mendatangan atau merekrut pemain dari Asia, kendati itu dari Jepang.

Lantas, mengapa Sint-Truiden rajin mendatangkan pemain asal Jepang dan mempercayai mereka setiap musimnya? Berikut kisahnya.