Liga Inggris

Kisah Lee Harper, Kiper Amatir yang Direkrut Arsenal untuk Gantikan David Seaman

Sabtu, 13 November 2021 20:34 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Kisah unik pernah tercipta di tahun 90 an saat Arsenal mendatangkan kiper amatir bernama Lee Harper untuk menggantikan posisi David Seaman.

Pada era 90 an, Arsenal dikenal sebagai tim papan atas Inggris. bersama Manchester United, kedua tim ini membentuk duopoli di Liga Inggris.

Kedua tim terus bersaing memperebutkan gelar juara. Hal ini tak lepas dari banyaknya bintang ternama di skuat kedua tim ini.

Dari lini belakang hingga lini depan, baik Arsenal dan Man United punya nama-nama besar di era tersebut, terutama untuk posisi kiper.

Di era itu, Arsenal punya penjaga gawang papan atas bernama David Seaman, sedangkan Manchester United punya kiper berkualitas pada sosok Peter Schmeichel.

Namun di tahun 1994, Arsenal membuat kejutan ketika mendatangkan kiper yang tak dikenal bernama Lee Harper. Usut punya usut, kiper itu berasal dari tim non liga atau tim amatir bernama Siitingbourne FC.

Setelah sekian lama tak dimaikn, Lee Harper pun mendapat kesempatan menggantikan David Seaman di ajang Premier League saat menghadapi Southampton pada tahun 1997.

Bagaimana kisahnya? Kok bisa kiper dari non liga seperti Lee Harper bergabung Arsenal dan menggantikan David Seaman di bawah mistar gawang?