Bola Internasional

Mengapa Klub-klub Liga Jerman Pakai Angka di Namanya?

Sabtu, 13 November 2021 21:09 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© pinterest
Logo Borussia Dortmund. Copyright: © pinterest
Logo Borussia Dortmund.

INDOSPORT.COM – Bundesliga Jerman memiliki sisi unik di sepak bola bila dibanding negara Eropa lainnya. Kali ini, keunikan terlihat dari hadirnya angka di nama klub-klubnya.

Sadar atau tidak, banyak nama klub-klub baik yang bermain di Bundesliga atau kasta lainnya di Jerman menggunakan angka pada namanya.

Penggunaan angka di nama klub pun terkesan berbeda ketimbang klub-klub lainnya yang lazim hanya menggunakan huruf dengan akhirnya FC (Football Club) atau SC (Soccer Club).

Selain menggunakan akhiran FC atau SC, rata-rata klub juga menamai klubnya dengan nama sponsor atau pemilik klub itu seperti RB Leipzig (Jerman), Red Bull Salzburg (Austria, FC Sheriff Tiraspol (Moldova).

Selain nama sponsor atau pemilik, di Jerman awam terlihat klub menggunakan angka dalam nama klub yang didirikan atau dimiliki.

Sebagai contoh di Jerman ada BVB 09 (Borussia Dortmund), Schalke 04, 1.FC Koln, dan Bayer 04 Leverkusen. Belum lagi ada sederet klub lainnya yang banyak tersebar di seluruh penjuru negeri industri itu.

Jika dilihat, adanya angka di depan atau tengah nama bagi sebagian orang akan terlihat nyentrik atau malah mengganggu. Sehingga banyak yang bertanya-tanya, apa alasan di balik penggunaan angka di nama klub-klub Jerman?

Usut punya usut, penggunaan angka di nama ini ternyata identik dengan budaya yang telah turun temurun ada di Jerman. Berikut ulasannya.