Liga Indonesia

Bukan Provokasi, Ini Bisikan Kiper Barito Putera untuk Marco Motta

Senin, 15 November 2021 12:35 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
© Khairul Imam/Persija
Persija vs Barito Putera. Copyright: © Khairul Imam/Persija
Persija vs Barito Putera.

INDOSPORT.COM - Banyak yang mengira jika kiper Barito Putera, Aditya Harlan, melakukan provokasi kepada pemain asing andalan Persija Jakarta, Marco Motta.

Setelah beberapa waktu berlalu, Aditya Harlan akhirnya buka suara. Menurutnya, ia tak melakukan provokasi pada skuat Persija, melainkan memberi motivasi untuk Motta.

Insiden ini terjadi di laga pekan ke-11 Liga 1 2021-2022, antara Persija Jakarta vs Barito Putera, Jumat (5/11/21) di Stasion Moch Soebroto, Magelang, sebagai penutup series kedua.

Kala itu, Riko Simanjuntak dilanggar kiper Barito Putera, Aditya Harlan di kotak penalti pada menit ke-93. Wasit pun memberikan penalti untuk Persija, namun ia masih ragu.

Wasit Dwi Purba Adi Wicaksana harus berkonsultasi hingga lebih dari lima menit dengan asisten wasit di pinggir lapangan, meski akhirnya tetap memberikan penalti.

Eksekusi penalti baru terlaksana di menit ke-100, meski seharusnya laga berakhir di menit ke-90+4. Nahas, Marco Motta yang menjadi eksekutor, gagal menciptakan gol.

Wajar jika Marco Motta lesu, lantaran laga yang menguras tenaga dan emosi itu harus ditutup dengan skor imbang 1-1, meski ada peluang kemenangan Persija di depan mata.

Marco Motta nampak frustasi, tapi dikejar oleh kiper Aditya Harlan. Kiper berkepala plontos itu nampak membisikkan sesuatu.

Banyak yang mengira jika Aditya Harlan memprovokasi Marco Motta. Sebaliknya, ia justru memberi motivasi untuk sang lawan.

"Waktu itu saya sampaikan kepada Marco Motta, ini pertandingan yang berat, tetap semangat," ucap Aditya Harlan ke media.

"Kami (Barito Putera dan Persija) banyak menguras energi, dan hasil itu harus tetap disukuri," lanjut kiper berusia 34 tahun tersebut.