Liga Inggris

Kisah Ben Sahar: Eks Chelsea yang Namanya Jadi Undang-Undang di Israel

Selasa, 16 November 2021 18:34 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© dailymail
Ben Sahar, eks pemain Chelsea. Copyright: © dailymail
Ben Sahar, eks pemain Chelsea.

INDOSPORT.COM – Mengenal Ben Sahar, mantan Wonderkid Chelsea yang namanya dan kisahnya diangkat menjadi undang-undang di Israel.

Ben Sahar adalah pemain Israel yang tercatat pernah membela Chelsea. Ia bergabung The Blues pada 2006 lalu, saat klub asal London Barat ini dilatih oleh Jose Mourinho.

Ben Sahar datang dengan status wonderkid Israel. Ia adalah seorang penyerang tengah. Namanya pun diagung-agungkan oleh penduduk negara tersebut yang menganggapnya setara dengan Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo.

Saat bergabung Chelsea, usia Ben Sahar baru 16 tahun. Pada usianya yang ke-17, ia mendapat debut bersama tim penuh bintang The Blues di ajang Piala FA melawan Macclesfield Town pada Januari 2007.

Bahkan di minggu selanjutnya, Jose Mourinho memberi Ben Sahar debut di Liga Inggris saat Chelsea menang 4-0 atas Wigan Athletic di mana ia tampil 8 menit.

Karena kerap diandalkan, Ben Sahar pun dipanggil timnas Israel dan menjadikannya pemain termuda yang membela Israel kala itu.

Ia pun juga menjadi pemain termuda yang mencetak gol untuk timnas Israel pada 28 Maret 2007 dengan dua gol di balik kemenangan 4-0 atas Estonia.

Sayangnya karier Ben Sahar tak berjalan mulus. Ia kemudian dipinjamkan Chelsea ke berbagai klub sebelum dilepas permanen pada 2009 ke Espanyol.

Di Espanyol, kariernya pun tak berjalan baik. Ben Sahar lebih banyak dipinjamkan ke berbagai klub hingga akhirnya ia pulang ke Israel dan bermain hingga saat ini.

Dalam perjalanannya bersama Chelsea, terdapat kisah menarik di mana Ben Sahar yang baru berusia 17 tahun mengilhami pemerintah Israel membuat undang-undang dengan namanya, yakni The Ben Sahar Law. Bagaimana kisahnya?