Bola Internasional

Terima Kenyataan Harus Jalani Play-off Piala Dunia, Italia Tidak Gentar

Selasa, 16 November 2021 09:25 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Indra Citra Sena
© Twitter.com/Azzuri_En
Harus Jalani Play-off Piala Dunia, Italia Tidak Gentar Copyright: © Twitter.com/Azzuri_En
Harus Jalani Play-off Piala Dunia, Italia Tidak Gentar

INDOSPORT.COM - Mimpi buruk gagal lolos otomatis ke putaran final Piala Dunia 2022 akhinya menjadi kenyataan bagi Italia.

Hanya mampu bermain imbang tanpa gol dengan Irlandia Utara di matchday pamungkas Grup C Kualifikasi zona Eropa membuat tiket ke Qatar milik mereka dicaplok Swiss dan kini terpaksa menatap play-off.

Meski statusnya tamu di Windsor Park, Italia sebenarnya dominan atas Irlandia Utara. Penguasaan bola sebanyak 72 persen plus 12 tembakan berbanding empat adalah salah satu bukti.

Roberto Mancini selaku pelatih Italia tentu menyayangkan hal ini namun nasi sudah menjadi bubur. Ia bertekad untuk mengantarkan negaranya ke Piala Dunia apapun yang terjadi.

Belum ada pengundian soal pembagian lawan demi pereebutan tiga kuota tersisa bagi negara-negara benua biru. Yang jelas sejumlah tim-tim kuat bisa menjadi pengganjal langkah Italia.

Sebut saja Austria, Portugal, Swedia, Finlandia, Wales, Skotlandia, Turki, Rusia, Polandia, dan Makedonia Utara. Kendati demikian Mancini meminta Italia untuk tidak gentar.

"Aku bilang pada pemain-pemainku jika saat ini sudah tidak ada yang perlu disesali. Kini kami harus bersiap untuk play-off dan sebisa mungkin berjuang untuk lolos," papar Roberto Mancini kepada Rai Sport.

"Kami perlu menganalisa apa penyebab perbedaan kami dengan negara lain. Aku merasa percaya diri bisa lolos," tambah allenatore berusia 56 tahun tersebut.

Play-off rencananya akan dimulai pada Maret 2021. Sistemnya cukup berbeda dari edisi-edisi sebelumnya yakni menggunakan sistem grup. Sebanyak 12 tim akan diundi untuk masuk dalam tiga kelompok berbeda yang beragendakan semifinal dan final.