Liga Indonesia

Liga 2: Persis Puncaki Klub dengan Harga Pasar Termahal, RANS Cilegon Posisi 9

Jumat, 19 November 2021 03:00 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
© Prabowo
Persis Solo memuncaki daftar klub Liga 2 dengan harga pasar pemain termahal. Dua klub baru masuk 5 besar, tapi tak ada nama RANS Cilegon FC. Copyright: © Prabowo
Persis Solo memuncaki daftar klub Liga 2 dengan harga pasar pemain termahal. Dua klub baru masuk 5 besar, tapi tak ada nama RANS Cilegon FC.

INDOSPORT.COMPersis Solo memuncaki daftar klub Liga 2 dengan harga pasar pemain termahal. Dua klub baru masuk 5 besar, tapi tak ada nama RANS Cilegon FC.

Laman transfermarkt baru saja melakukan pembaruan terhadap nilai pasar pemain di kompetisi Liga 2. Hasilnya, Persis Solo menjadi klub dengan nilai pasar tertinggi di kompetisi kasta kedua sepak bola Indonesia.

Transfermarkt menyebut, per 15 November 2021, Persis Solo yang bertekad merebut tiket promosi ke Liga 1 menjadi tim termahal dengan nilai Rp40,5 miliar.

Hal ini tidak lepas dari keberadaan 4 pemain mereka di daftar 10 besar pemain dengan harga pasaran termahal di Liga 2. Keempat pemain tersebut adalah Abduh Lestaluhu, Miftahul Hamdi, Sandi Sute, dan Kanu Helmiawan.

Berbekal skuat mahal ini, Persis tampil apik di Liga 2 2021. Hingga pekan kedelapan, Laskar Sambernyawa memuncaki klasemen Grup C dengan 15 poin dari 8 laga.

Mereka bahkan sempat tak terkalahkan dalam 7 laga pertama, sebelum akhirnya ditaklukkan PSIM Yogyakarta dalam duel derby Mataram, Senin (15/11/21) malam WIB.

Di sisi lain, situasi menarik terjadi dalam daftar klub dengan nilai pasar termahal di Liga 2. Pasalnya, dalam peringkat 5 besar, terdapat 2 tim yang baru terjun di kompetisi tersebut musim ini.

Kedua tim tersebut adalah Dewa United yang ada di posisi kedua. Klub milik Rendra Soedjono dan Kevin Hardiman memiliki total nilai pasar Rp31,46 miliar.

Dewa United sendiri juga menjadi salah satu kandidat promosi musim ini, dan saat ini tengah menjadi pemuncak Grup C dan sudah dipastikan lolos ke 8 besar.

Sementara itu, klub baru lainnya yang juga menembus 5 besar klub dengan nilai pasar termahal adalah PSG Pati yang berada di posisi 4. Posisi ketiga dan kelima sendiri menjadi milik duo asal Sumatra, Sriwijaya FC dan Semen Padang.

Sementara itu, klub baru Liga 2 lainnya yang juga dimiliki selebriti yakni RANS Cilegon FC pimpinan Raffi Ahmad, hanya berada di posisi kesembilan.