Liga Indonesia

Tiru Kompetisi Eropa, PSSI Akan Tambah Asisten Wasit di Liga 1

Kamis, 25 November 2021 01:01 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Subhan Wirawan
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Ketum PSSI Mochamad Iriawan memberi salam kepada para voter yang hadir pada Kongres PSSI 2021 di Hotel Raffles, Jakarta, Sabtu (25/05/21). Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Ketum PSSI Mochamad Iriawan memberi salam kepada para voter yang hadir pada Kongres PSSI 2021 di Hotel Raffles, Jakarta, Sabtu (25/05/21).

INDOSPORT.COM - PSSI bergerak cepat untuk meminimalisir kesalahan wasit dalam bertugas memimpin Liga 1 dan Liga 2. Nantinya PSSI akan menambah dua asisten wasit dalam setiap pertandingan.

PSSI berencana untuk menugaskan asisten wasit tambahan (wasit kelima dan keenam) mulai di Seri IV BRI Liga 1 2021/2022 dan semifinal Liga 2 2021.

Dua tambahan asisten wasit itu, (wasit kelima dan keenam) akan berada di masing-masing garis gawang.

Namun, sebelum melaksanakan hal ini, PSSI lebih dulu akan bersurat dan menunggu approval dari Konfederasi Sepakbola Asia (AFC). 

Seperti diketahui dalam lazimnya sepakbola, dalam setiap pertandingan ada perangkat pertandingan yang terdiri dari wasit  tengah (1), asisten wasit (2 orang) dan wasit cadangan (1).

Jadi total ada 4 perangkat pertandingan. Maka ke depan PSSI akan menambah asisten wasit tambahan. Rencana ini tidak melanggar Peraturan Permainan. 

Hal ini dilakukan sambil menunggu diterapkannya penggunaan VAR (Video Assistant Referee) di kompetisi sepak bola Indonesia.

PSSI memahami ada banyak hal yang menjadi perhatian klub dan netizen soal wasit.

Itu sebabnya dalam rapat yang dipimpin Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan dan dihadiri Waketum PSSI Iwan Budianto, Sekjen PSSI Yunus Nusi, Exco Ahmad Riyadh sekaligus Ketua Komite Wasit, dan Departemen wasit, ada dua hal penting yang diputuskan.

Pertama penambahan asisten wasit tambahan. Kedua PSSI juga akan mendatangkan direktur teknik wasit dari luar negeri yang direkomendasikan oleh AFC dengan tugas mengevaluasi dan merekomendasikan wasit dalam pertandingan Liga 1.