Bola Internasional

Timnas Indonesia Waspada, Skuat Laos di Piala AFF Diklaim yang Terkuat dalam Sejarah

Jumat, 26 November 2021 14:22 WIB
Penulis: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji | Editor: Isman Fadil
© asean football
Timnas Indonesia Harus Waspada, Skuat Laos di Piala AFF Diklaim yang Terkuat dalam Sejarah. Copyright: © asean football
Timnas Indonesia Harus Waspada, Skuat Laos di Piala AFF Diklaim yang Terkuat dalam Sejarah.

INDOSPORT.COM - Ajang Piala AFF pada Desember 2021 mendatang bakal menjadi tantangan berat bagi timnas Indonesia karena Laos diklaim memiliki skuat terkuat dalam sejarah.

Hal itu diungkapkan oleh bomber Laos bernama Soukaphone Vongchiengkham kepada thethao247. Striker yang dijuluki "Messi Laos" itu menilai kalau sepak bola di negaranya telah berkembang pesat.

Banyak pemain yang mulai memberanikan diri untuk berkarier di kompetisi luar negeri. Apalagi Federasi Sepak Bola Laos baru saja memanggil salah satu pemain jebolan Ligue 1 Prancis yakni Billy Ketkeophomphone.

"Sepak bola Laos mengalami perubahan positif. Lebih banyak orang berinvestasi dalam sepak bola dan juga lebih banyak pemain pergi ke luar negeri untuk bermain," ujar Soukaphone Vongchiengkham.

"Saya telah berbicara banyak tentang pengiriman pemain ke luar negeri. Itulah yang diperlukan untuk meningkatkan kualitas sepak bola,"

"Perubahan ini diperlukan untuk masa depan sepak bola Laos. Bagi saya pribadi, skuad saat ini adalah yang terkuat dalam sejarah Laos. Fans juga sangat bersemangat dan memiliki harapan besar di Piala AFF mendatang," tuturnya menambahkan.

Seperti diketahui, Billy Ketkeophomphone secara mengejutkan masuk ke dalam 30 pemain Laos yang dipanggil oleh pelatih, Vengadasalam Selvaraj.

Striker yang sudah berusia 31 tahun terebut merupakan mantan pemain klub Ligue 1 Prancis, RC Strasbourg. Kini ia terikat kontrak dengan klub Ligue 2, USL Dunkerque dan telah menyumbang dua gol dari delapan laga.

Hal tersebut tentu menjadi ancaman bagi timnas Indonesia besutan Shin Tae-yong karena lawan terkuat mereka di Grup B Piala AFF tidak hanya Malaysia dan juara bertahan Vietnam.