Bola Internasional

Profil Tim Piala AFF 2020: Vietnam, Ambisi Sang Juara Bertahan

Kamis, 25 November 2021 21:47 WIB
Penulis: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji | Editor:
© Nguoi Dua Tin
Profil Tim Piala AFF 2020: Vietnam, Ambisi Sang Juara Bertahan. Copyright: © Nguoi Dua Tin
Profil Tim Piala AFF 2020: Vietnam, Ambisi Sang Juara Bertahan.

INDOSPORT.COM - Berikut profil salah satu musuh berat yang akan dihadapi oleh timnas Indonesia besutan Shin Tae-yong di fase Grup B Piala AFF 2020 yakni Vietnam.

Seperti diketahui, timnas Indonesia tergabung ke dalam grup neraka di Piala AFF. Mereka harus menghadapi Vietnam yang berstatus sebagai juara bertahan, kemudian Laos, Kamboja dan musuh bebuyutan Malaysia.

Jelang Piala AFF yang digelar di Singapura pada Desember 2021 mendatang, Vietnam besutan Park Hang-seo telah mengumumkan daftar 33 pemain.

Dalam 33 pemain, ada 10 nama yang merupakan pahlawan Vietnam saat meraih juara Piala AFF 2018 lalu. Mereka yakni Do Duy Manh, Ha Duc Chinh, Luong Xuan Truoang, Nguyen Cong Phuong, Nguyen Phong Hong Duy, Nguyen Quang Hai, Nguyen Tien Linh, Nguyen Van Toan, Que Ngoc Hai, dan Tran Dinh Truong.

Tentu dengan adanya mereka, pasukan Park Hang-seo ingin mengulang kejayaan meraih juara Piala AFF untuk pertama kalinya dalam sejarah saat itu.

Akan tetapi, jelang ajang bergengsi se-ASEAN tersebut, mental para pemain justru sedang tertekan. Pasalnya, mereka malah babak belur di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

Dalam enam pertandingan yang dijalani, Vietnam tidak pernah menang dan menjadi bulan-bulanan Arab Saudi, Jepang, Australia, Oman dan Cina. Hasil itu membuat Nguyen Cong Phuong dkk terjebak di posisi juru kunci Grup B.

Meski babak belur, banyak pengamat yang menilai kalau Vietnam masih menjadi favorit juara Piala AFF. Hal tersebut karena mereka sudah lebih siap dari kontestan lainnya dan punya pengalaman bersua tim-tim kuat Asia.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%