Bola Internasional

Urutan Tim Terkuat di Piala AFF Berdasarkan Ranking FIFA, Indonesia Nomor Berapa?

Selasa, 30 November 2021 16:05 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Berikut urutan tim terkuat di Piala AFF 2020 berdasarkan ranking FIFA. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Berikut urutan tim terkuat di Piala AFF 2020 berdasarkan ranking FIFA.

INDOSPORT.COM - Dari sepuluh peserta yang bakal beradu nasib di Piala AFF edisi kali ini, sekuat apakah posisi Timnas Indonesia jika merujuk pada ranking FIFA?

Mungkin ini adalah salah satu dari sekian pertanyaan yang sempat singgah di benak para pencinta sepak bola Tanah Air. Apalagi jika mengingat tim-tim peserta lainnya seperti Vietnam atau Thailand bukan calon lawan yang mudah dihadapi.

Piala AFF sendiri rencananya akan mempertandingkan laga perdana mereka yakni Timor Leste vs Thailand pada 5 Desember mendatang. Kedua tim ini berada di Grup A bersama Myanmar, Filipina, dan Singapura.

Sementara itu, Timnas Indonesia merupakan anggota Grup B bersama Kamboja, Laos, Malaysia, dan Vietnam.

Dalam jadwal yang sudah dirilis, Skuat Garuda bakal berjumpa Kamboja di laga pembuka Piala AFF 2020 Grup B, Kamis (09/12/21). Setelah itu, mereka akan menghadapi Laos di laga kedua, Minggu (12/12/21).

Indonesia baru akan bertemu lawan berat di laga ketiga. Skuat besutan Shin Tae-yong ini dijadwalkan bersua Vietnam di laga ketiga Grup B, Rabu (15/12/21). Baru setelahnya, melawan Malaysia, Minggu (19/12/21).

Total akan ada 26 pertandingan yang dilangsungkan di Piala AFF 2020, termasuk partai final yang bakal digelar dalam format dua leg.

Nah, dari sepuluh tim peserta, jelas ada yang berstatus unggulan, favorit pemirsa, dan tentunya para kuda hitam yang siap membuat kejutan. Tentu, predikat-predikat itu pun tidak dilabelkan begitu saja tanpa alasan.

Setiap tim pasti punya kelebihan dan kekurangan masing-masing, termasuk materi pemain, reputasi, dan sepak terjang mereka jelang bergulirnya Piala AFF 2020.

Namun bagaimana jika membahas ranking FIFA? Kira-kira ada di nomor berapa Timnas Indonesia dari 1 sampai 10?