Bola Internasional

Profil Dion Cools, Tembok Kokoh yang Siap Jadi Momok Timnas Indonesia di Piala AFF 2020

Rabu, 1 Desember 2021 18:11 WIB
Editor: Juni Adi
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Dion Johan Cools merupakan salah satu pemain penting di Timnas Malaysia, yang bisa menjadi momok bagi Timnas Indonesia di Piala AFF 2020

Piala AFF 2020 tampaknya akan menjadi salah satu edisi yang akan dikenang, lantaran dibanjiri pemain keturunan yang berkarier di luar negeri khususnya di Benua Eropa, salah satunya adalah Timnas Malaysia.

Tim berjuluk Harimau Malaya itu akan diperkuat pemain keturunan berdarah Malaysia-Belgia yaitu Dion Johan Cools. Pemain berposisi sebagai bek sayap itu sempat tampil membela Timnas Belgia di kelompok umur.

Total ia telah mencatatkan 28 penampilan untuk Belgia U-18, U-19, dan U-21 dengan torehan enam gol. Namun memasuki usia remaja dirinya tak kunjung dilirik membela Timnas Belgia senior.

Persaingan yang sulit karena harus mengalahkan pemain-pemain sekaliber Jan Vertonghen, Thomas Meunier, hingga Timothy Castagne, membuat Dion harus melupakan membela Belgia.

Faktor itu yang kemudian membuat hati Dion Cools mantap memilih membela tanah leluhurnya, Timnas Malaysia. Dion Cools sendiri lahir di salah satu kota bernama Kuching, Serawak, Malaysia, pada 04 Juni 1996 lalu. 

Kendati memilih bermain untuk Malaysia, Dion Cools tetap melanjutkan kariernya di Eropa, memperkuat FC Midtjylland.

FC Midtjylland adalah tim papan atas Liga Denmark, langganan kompetisi Eropa khususnya Liga Europa. Saat ini mereka memuncaki klasemen dengan torehan 35 poin dari 17 pertandingan.

Namun Dion Cools tidak bisa tampil membela Malaysia sejak pertandingan pertama Piala AFF 2020, karena ia baru bisa bergabung dengan tim setelah pertandingan tanggal 13 Desember 2021.

Pemain 25 tahun tersebut dijadwalkan terbang ke Singapura pada 14 Desember dari Denmark. Itu artinya, Dion Cools akan melewatkan tiga laga Malaysia di Grup B.

Melawan Kamboja (06/12/21), Laos (09/12/21) dan Vietnam (12/12/21). Ia baru akan tampil di laga terakhir melawan Timnas Indonesia pada 19 Desember 2021.

Kehadiran Dion Cools diharapkan menambah kekuatan tim yang akan melawan Timnas Indonesia.

Pemain yang sudah menjalani tiga caps bersama Malaysia ini percaya diri bisa mempersembahkan gelar juara. Ia pun memotivasi rekan-rekannya untuk mewujudkan hal itu. 

"Ofisial kami sudah menghubunginya dan dia telah menyatakan minatnya untuk bergabung dengan Harimau Malaya di Piala AFF," kata manajer Timnas Malaysia, Datuk Mohd Yusoff Mahadi seperti dikutip Bernama.

"Sudah lama kami tidak menjuarai Piala AFF, lebih dari 10 tahun. Sejauh ini saya tidak bilang kami ingin juara lagi, namun targetkan final dulu," tegas Datuk Mohd Yusoff Mahadi.

Jika Cools terbang ke Singapura pada 14 Desember, ia akan tiba pada 15 Desember dan bisa bergabung dengan tim pada 16 Desember. Setidaknya Cools punya waktu tiga hari untuk menyatukan visi permainan sebelum jumpa Timnas Indonesia.