Liga Indonesia

Soal Izin Penonton Liga 1, Menpora: PSSI Oke, Saya Oke!

Kamis, 2 Desember 2021 03:25 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Kemenpora
Menpora Zainudin Amali mengunjungi Stadion Pakansari Copyright: © Kemenpora
Menpora Zainudin Amali mengunjungi Stadion Pakansari

INDOSPORT.COM - Wacana adanya penonton di seri keempat Liga 1 2021 di Bali didukung penuh oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali. Dia sudah memberikan izin dengan syarat tertentu.

Menpora mengatakan setuju apabila PSSI juga berkenan mengizinkan penonton ke stadion. Tetapi, ada batasan jumlah suporter sekitar 25 persen dari kapasitas dan hanya diterapkan di stadion yang punya single seat. 

"Saya sudah koordinasi PT LIB (operator Liga 1) dan PSSI soal ada penonton ini.  Tapi tak semua tempat, hanya stadio  single seat yang bisa dan itu jumlahnya terbatas. Uji coba di seri 4 kalau PSSI oke,  saya juga oke," kata Menpora.

Peluang adanya penonton di Liga 1 terbuka karena beberapa event olahraga seperti balapan di Sirkuit Mandalika sudah menerapkannya. Protokol kesehatan yang ketat juga akan diterapkan seperti wajib dua kali vaskin, swab atau PCR. 

Jika ada penonton di seri 4 Liga 2021-2022, kemungkinan besar harga tiket yang dijual sangat mahal. Harga tiket yang sedang digodok LIB berkisar antara Rp250 ribu dan Rp1 juta.