Bola Internasional

4 Bintang Legendaris Timnas Indonesia yang Pernah Jadi Top Skor Piala AFF

Jumat, 3 Desember 2021 18:05 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
© Bradley Kanaris/Getty Images
Piala AFF 2020 akan digelar akhir pekan ini. Sebanyak 4 pemain timnas Indonesia pernah jadi top skor di kompetisi tersebut. Siapa saja mereka? Copyright: © Bradley Kanaris/Getty Images
Piala AFF 2020 akan digelar akhir pekan ini. Sebanyak 4 pemain timnas Indonesia pernah jadi top skor di kompetisi tersebut. Siapa saja mereka?

INDOSPORT.COM – Piala AFF 2020 akan digelar akhir pekan ini. Sebanyak 4 pemain timnas Indonesia pernah jadi top skor di kompetisi tersebut. Siapa saja mereka?

Akhir pekan ini, sepak bola Asia Tenggara akan diramaikan oleh gelaran Piala AFF 2020. Ajang tersebut akan digelar di Singapura pada tanggal 5 Desember 2021 hingga 1 Januari 2022 dan diikuti 10 negara.

Timnas Indonesia akan tergabung di Grup B bersama Kamboja, Laos, Malaysia, dan Vietnam. Skuat Garuda akan mengawali perjalanan dengan menghadapi Kamboja pada 9 Desember, diikuti Laos, Vietnam, dan Malaysia pada 12, 15, dan 19 Desember.

Pelatih Shin Tae-yong sendiri telah mengumumkan 30 pemain yang akan ia bawa ke Singapura. Sejumlah nama yang masuk di antaranya Elkan Baggott, Evan Dimas, Egy Maulana Vikri, hingga Ezra Walian.

Sepanjang sejarah Piala AFF, Timnas Indonesia tercatat 5 kali mencapai final. Namun, skuat Garuda selalu kalah di partai puncak sehingga belum sekalipun meraih gelar juara. Meski demikian, di tingkat individu, ada 4 bintang timnas Indonesia yang pernah menjadi top skor.

Di Piala AFF 2020, lini depan skuat Indonesia mendapat sorotan. Pasalnya, 4 nama mengisi sektor tersebut terbilang mandul di masa persiapan timnas dan di liga domestik.

Sepanjang tahun 2021 ini, mayoritas gol-gol timnas Indonesia di berbagai ajang justru didominasi gelandang dan winger seperti Evan Dimas, Egy Maulana Vikri, Witan Sulaeman, hingga Ramai Rumakiek dan Ricky Kambuaya.

Meski demikian, bukan tidak mungkin saat gelaran Piala AFF sudah berlangsung, Kushedya Hari Yudo, Dedik Setiawan, Hanis Saghara, dan Ezra Walian justru tampil meledak dan menyusul jejak para seniornya yang menjadi top skor kompetisi.

Lantas, siapa saja para bintang timnas Indonesia yang pernah menjadi top skor Piala AFF? Berikut ulasannya: