Bola Internasional

Diam-diam, Keisuke Honda Pantau Bek Timnas Indonesia Ini Jelang Piala AFF 2020

Jumat, 3 Desember 2021 18:30 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor: Isman Fadil
© Kyodo News
Manajer Umum Timnas Kamboja, Keisuke Honda, di Piala AFF 2020. Copyright: © Kyodo News
Manajer Umum Timnas Kamboja, Keisuke Honda, di Piala AFF 2020.

INDOSPORT.COM - Manajer Umum Timnas Kamboja, Keisuke Honda, ternyata sudah memantau Ryuji Utomo lewat media sosial. Mantan pemain AC Milan itu kedapatan memfollow akun Instagram bek Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2020 itu.

Semasa masih di puncak karier, Keisuke Honda memperkuat klub-klub top ternama. VVV-Venlo, CSKA Moscow, hingga AC Milan pernah memakai jasa gelandang serang yang kini berusia 35 tahun itu.

Tak ayal, Honda juga berteman dengan sejumlah pemain top. Dilihat dari akun Instagramnya, Honda mengikuti Michael Essien dan Mario Balotelli yang pernah saling bahu membahu di AC Milan.

Namun yang mengejutkan, Honda juga mengikuti akun Instagram Ryuji Utomo. Padahal mereka belum pernah menjadi rekan satu tim sepanjang kariernya.

© Instagram/keisukehonda
Manajer umum Timnas Kamboja, Keisuke Honda, memantau Ryuji Utomo lewat media sosial. Copyright: Instagram/keisukehondaManajer umum Timnas Kamboja, Keisuke Honda, memantau Ryuji Utomo lewat media sosial.

Kemungkinan, reputasi karier Ryuji Utomo di sepak bola Asia Tenggara mencuri perhatian Keisuke Honda. Selain di Indonesia, Ryuji sempat berkarier bersama klub Bahrain, Al-Najma dan PTT Rayong dari Thailand.

Musim lalu, Ryuji Utomo dipinjamkan Persija Jakarta ke klub Malaysia, Penang FA. Bermain sebanyak 15 pertandingan, Ryuji membawa klubnya itu bertengger di peringkat tiga klasemen akhir Malaysia Super League 2021.

Sinar Ryuji Utomo bersama Penang FA membuat klub dari Korea Selatan dan Jepang kepincut dengan pemain berusia 26 tahun itu. Tak hanya dari kompetisi luar, Ryuji kabarnya juga tengah diincar oleh klub papan atas Liga 1, Persib Bandung.

Kegemilangan Ryuji Utomo di Liga Malaysia membuat pelatih Timnas Indonesia, Shin tae-yong, membawanya ke Piala AFF 2020.  Ini menjadi pertama kalinya bagi Ryuji tampil di turnamen bergengsi Asia Tenggara itu.

Sementara di Piala AFF 2020, Kamboja berada di Grup B bersama juara bertahan Vietnam, Malaysia, Timnas Indonesia, dan Laos. Keisuke Honda pernah mengatakan bahwa skuatnya berada di grup yang sulit di Piala AFF.