Bursa Transfer

Bursa Transfer: Rangnick Tak Suka Wan-Bissaka, Man United Kejar Produk Akademi Chelsea

Sabtu, 4 Desember 2021 19:32 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Isman Fadil
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Kendati belum melakukan partai debut sebagai manajer interim baru Manchester United, Ralf Rangnick dikabarkan sudah punya target belanja di bursa transfer musim dingin 2022. Bek kanan muda Inggris, Tariq Lamptey, isunya bisa jadi pembelian pertama sang juru taktik Jerman.

Lamptey yang dalam dua musim terakhir membela Brighton and Hove Albion dilihat Rangnick sebagai opsi fullback kanan yang lebih menjanjikan ketimbang Aaron Wan-Bissaka. Padahal usianya baru 21 tahun atau tiga tahun lebih muda dari sang calon rekan sekaligus rival.

Wan-Bissaka yang dibeli dari Crystal Palace pada bursa transfer musim panas 2019 lalu seharga 55 juta Euro (903 miliar Rupiah) memang sosok yang tangguh dalam bertahan. Meski demikian dalam urusan menyerang ia tidak begitu baik.

Kurangnya kontribusi Wan-Bissaka ke depan membuat adaptasi Jadon Sancho di United berjalan lebih berat. Setelah separuh musim berjalan, winger yang musim lalu masih memperkuat Borussia Dortmund itu baru mengemas dua gol.

Statistik dari Whoscored menunjukkan jika per 90 menit Wan-Bissaka hanya melepas 0,6 umpan kunci, 0,4 umpan silang, dan 1,5 dribel di Liga Inggris walau bisa mendulang 2,2 tekel, 1,3 potongan, dan 1,7 sapuan. Ditambah lagi belum ada gol maupun assist atas namanya.

Bandingkan dengan Lamptey yang 1,3 umpan kunci, 1 umpan silang, 1,6 dribel, plus satu gol. Aspek pertahanan jebolan akademi Chelsea tersebut seperti tekel (0,7), potongan (0,6), dan sapuan (0,4) memang masih belum terlihat spesial namun semua bisa membaik seiring dengan waktu.