Bola Internasional

Daftar Top Skor Piala AFF dari Masa ke Masa: Rekor Eks Arema Belum Pecah

Sabtu, 4 Desember 2021 19:25 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
© instagram.com/legiunasingarema
Noh Alam Shah, saat berseragam Arema FC dan berhasil menjuarai Liga Super Indonesia 2009-10. (Foto: instagram.com/legiunasingarema) Copyright: © instagram.com/legiunasingarema
Noh Alam Shah, saat berseragam Arema FC dan berhasil menjuarai Liga Super Indonesia 2009-10. (Foto: instagram.com/legiunasingarema)

INDOSPORT.COM - Berikut daftar top skor Piala AFF dari masa ke masa. Ada empat striker asal Indonesia yang masuk daftar, tapi belum ada yang bisa menyalip rekor eks penggawa Arema Indonesia ini.

Dimulai pada Piala AFF 1996 edisi perdana, kala itu masih disebut Piala Tiger, ada striker Thailand, Natipong Sritong-In yang sukses melesakkan tujuh gol dan jadi top skor.

Beranjak ke Piala AFF 1998, persaingan semakin ketat. Meski tak lolos ke semifinal, pemain andalan timnas Myanmar, Myo Hlaing Min yang menyabet sepatu emas.

Piala AFF 2000 mengangkat nama pemain Indonesia, Gendut Doni Christiawan yang menjadi top skor dengan lima gol, catatan yang sama dengan Worrawoot (Thailand).

Piala AFF 2002 juga menjadi panggung bagi pemain muda timnas Indonesia, Bambang Pamungkas, yang mencatatkan delapan gol, ketika bermain di rumah sendiri, yaitu GBK.

Berlanjut ke Piala AFF 2004, giliran Ilham Jaya Kesuma yang mengangkat sepatu emas dan menjaga asa Indonesia ke final, meski akhirnya harus puas di posisi runner up.

Piala AFF 2007 menjadi gebrakan bagi Noh Alam Shah dari Singapura, yang mengemas 10 gol sepanjang fase grup hingga final, bahkan sukses menjadi juara tahun itu.

Kembali terjadi persaingan ketat di Piala AFF 2008. Budi Sudarsono (Indonesia), Agu Casmir (Singapura), hingga Teerasil Dangda (Thailand) sama-sama mencetak empat gol.

Top skorer Piala AFF 2010 diamankan oleh Safee Sali dari Malaysia dengan lima golnya. Sementara timnas Indonesia juga bangga dengan Firman Utina yang menjadi best player.

Gelar top skor Piala AFF 2012 didapatkan oleh Teerasil Dangda, striker dari Thailand. Demikian pula di edisi 2016, ia masih menunjukkan tajinya saat jadi ujung tombak.

Sementara di Piala AFF 2014 menjadi milik Safiq Rahim dari Malaysia, dan terakhir kali di Piala AFF 2018, ada Adisak Kraisorn yang menyarangkan delapan gol untuk Thailand.