Liga Indonesia

Jadi Andalan di Liga 1 Sejak 16 Tahun, Begini Resep Rahasia Ronaldo Kwateh

Selasa, 7 Desember 2021 09:21 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Jadi andalan Madura United di kompetisi Liga 1 2021-22, bahkan sejak berusia 16 tahun, Ronaldo Kwateh pun buka-bukaan tentang resep rahasianya.

Ya, Ronaldo Kwateh adalah salah satu pemain termuda yang sudah menjalani debut di Liga 1, bersama Madura United.

Pertama kali, ia bermain untuk Laskar Sape Kerrap pada awal September 2021, ketika Ronaldo masih berusia 16 tahun 10 bulan, dan bisa menahan imbang Tira Persikabo.

Ronaldo yang berposisi sebagai penyerang sayap, tak ragu untuk menerobos benteng pertahanan lawan yang dihuni oleh para pemain senior, bahkan juga pemain asing.

Namun, Ronaldo bisa menaklukkannya dengan baik, bahkan ia kini dipanggil ke Timnas Indonesia U-18. Menurutnya, salah satu resep rahasianya adalah dukungan positif.

"Pasti nomor satu itu mental, dan dukungan dari tim, teman-teman, senior, para pelatih juga sangat mendukung saya, itu membuat saya percaya diri," ungkap Ronaldo Kwateh.

"Apalagi Papa saya juga pemain bola, jadi sering memberi saya masukan, saya harus berani, karena ini sudah waktunya," papar Ronaldo melalui Youtube Tiento Indonesia.

Bagi Ronaldo Kwateh, tidak ada alasan muda dan tua di lapangan hijau. Namun, bagaimana strategi ia bisa menembus pertahanan pemain berpengalaman.

"Kalau di lapangan jangan mikirin muda atau tua, pokoknya harus berani. Bayangin aja lagi main sama se-usiamu, main lepas."

"Cuma kalau senior, pasti pengalamannya lebih tinggi, jadi mereka sudah tahu (cara untuk mengantisipasi saya)."

"Beda sama yang seumuran saya, mungkin kalau pakai kekuatan saja saya sudah bisa. Cuma kalau sama senior, saya harus lebih pintar lagi mencari ruang," tuntas Ronaldo.