Bola Internasional

Keisuke Honda, Eks AC Milan dan Musuh Indonesia di Piala AFF yang Nyaris ke Persija

Selasa, 7 Desember 2021 20:55 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
© AFF/INDOSPORT
Timnas Indonesia akan menghadapi Kamboja di Piala AFF. Sang lawan kini diasuh Keisuke Honda, eks AC Milan yang sempat nyaris bergabung ke Persija. Copyright: © AFF/INDOSPORT
Timnas Indonesia akan menghadapi Kamboja di Piala AFF. Sang lawan kini diasuh Keisuke Honda, eks AC Milan yang sempat nyaris bergabung ke Persija.

INDOSPORT.COM – Timnas Indonesia akan menghadapi Kamboja di Piala AFF. Sang lawan kini diasuh Keisuke Honda, eks AC Milan yang sempat nyaris bergabung ke Persija.

Piala AFF 2020 telah resmi dibuka pada Minggu (05/12/21) lalu. Meski demikian, Indonesia baru akan bertanding pada Kamis (09/12/21).

Tergabung di Grup B bersama Vietnam, Malaysia, Laos, dan Kamboja, skuat Garuda akan mengawali perjalanan mereka dengan menghadapi Kamboja.

Berbeda dengan Timnas Indonesia yang baru akan menjalani laga pertama Kamis nanti, Kamboja sudah menjalani 1 laga di Piala AFF 2020. Menghadapi Malaysia, Senin (06/12/21) sore kemarin, Kamboja kalah 1-3.

Kamboja memang tak diunggulkan di ajang dua tahunan khusus negara Asia Tenggara ini. Berdasarkan peringkat FIFA, Billy Ketkeophomphone dkk berada di peringkat 170 dunia atau kedelapan di antara 10 peserta Piala AFF 2020.

Situasi ini membuat Kamboja berpeluang menjadi bulan-bulanan bagi tim-tim lain di Grup B, yang memburu posisi 2 besar demi tembus ke semifinal.

Meski demikian, Kamboja tak boleh dianggap remeh. Dalam skuat mereka, ada nama Billy Ketkeophomphone  yang berkarier di Eropa bersama Dunkerque di Ligue 2. Bahkan, sang gelandang juga sempat bermain di Ligue 1 yang merupakan kasta tertingi Liga Prancis.

Selain itu, di tim kepelatihan bercokol nama besar di sepak bola Asia, Keisuke Honda. Meski awalnya menjabat sebagai manajer umum, mantan pemain AC Milan ini dipastikan akan melatih Kamboja di Piala AFF bersama rekan senegaranya, Ryu Hirose.

Dengan situasi ini, laga Indonesia vs Kamboja akan mempertemukan pelatih yang sama-sama pernah tampil di Piala Dunia.

Pelatih Indonesia, Shin Tae-yong pernah membesut timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018, sedangkah Keisuke Honda membela Jepang sebagai pemain di 3 edisi Piala Dunia dari 2010 sampai 2018.

Menariknya, Keisuke Honda sempat nyaris saja bermain di Indonesia, setelah sempat dikaitkan dengan klub asal ibukota, Persija Jakarta.