In-depth

3 Negara dengan Guyuran Bonus Melimpah di Piala AFF 2020

Rabu, 8 Desember 2021 19:05 WIB
Editor: Juni Adi
© INDOSPORT
Logo Piala AFF 2020 Copyright: © INDOSPORT
Logo Piala AFF 2020

INDOSPORT.COM - Tiga negara ini siap memandikan para pemainnya jika mampu tampil sebagai juara di Piala AFF 2020.

Turnamen sepak bola paling bergengsi di kawasan Asia Tenggara, Piala AFF 2020, telah melangsungkan laga perdananya pada Minggu (05/12/21) lalu, antara Timor Leste vs Thailand di Stadion Nasional, Singapura, pada Minggu (05/12/21) lalu.

Thailand menang meyakinkan dengan skor 2-0. Tidak hanya Negeri Gajah Putih yang telah tampil di Piala AFF 2020, sejumlah negara juga telah melakini laga perdananya di babak penyisihan grup.

Di antaranya adalah pertandingan Singapura vs Myanmar, Kamboja vs Malaysia, dan Laos vs Vietnam. Hasilnya tidak banyak kejutan, karena pertandingan hampir seluruhnya dimenangkan oleh negara-negara kuat.

Seperti Singapura yang menang telak 3-0 atas Myanmar, lalu ada Malaysia yang menang 3-1 atas Kamboja dan Vietnam menang meyakinkan atas Laos 2-0.

Ada dua negara lagi yang belum melangsungkan laga perdananya yaitu Timnas Indonesia dan Filipina. Skuat Garuda akan berhadapan dengan Kamboja di Stadion Bishan pada Kamis (09/12/21.

Sementara Filipina ditantang oleh Singapura di Stadion Nasional pada Rabu (08/12/21) hari ini. 

Singapura ditunjuk menjadi tuan rumah tunggal yang akan memainkan semua pertandingan babak penyisihan grup hingga final. Di edis-edisi sebelumnya, Piala AFF selalu dilaksanakan di dua negara tuan rumah.

Untuk formatnya masih sama, yaitu fase grup Piala AFF 2020 tetap menggunakan format setengah kompetisi atau round-robin, yakni setiap negara peserta saling bertemu satu kali.

Adapun semifinal dan final juga tetap menggunakan format lama, yakni dua pertandingan. Total terdapat 10 negara peserta Piala AFF 2020, yang terbagi menjadi dua grup dengan masing-masing diisi oleh lima negara. 

Di Grup A ada tuan rumah Singapura, Filipina, Myanmar, Thailand dan Timor Leste. Sedangkan di Grup B, ada Kamboja, Timnas Indonesia, Laos, Malaysia, dan Vietnam.

Saking bergengsinya ajang dua tahunan ini, sejumlah negara dengan serius melakukan persiapan. Mulai dari melakukan pemusatan latihan di luar negeri hingga banyak melakoni laga uji coba dengan negara-negara lain. 

Hal itu membuktikan bagaimana sangat pentingnya menjuarai turnamen ini. Upaya mereka tidak hanya sampai di situ untuk membawa pulang trofi Piala AFF 2020.

Gelontoran uang kabarnya siap diguyur untuk para pemain, sebagai suntikan semangat dalam berjuang memperebutkan gelar juara Piala AFF 2020.

Sejauh ini terdapat tiga negara yang siap memberikan bonus besar jika tim nasionalnya mampu keluar sebagai juara Piala AFF 2020, berikut daftarnya: