Bola Internasional

Beda Kualitas Timnas Indonesia dan Singapura: Kita Masih Belajar Passing

Kamis, 9 Desember 2021 08:06 WIB
Penulis: Martini | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© PSSI
Latihan Timnas Indonesia jelang Piala AFF 2020 di Singapura Copyright: © PSSI
Latihan Timnas Indonesia jelang Piala AFF 2020 di Singapura

INDOSPORT.COM - Ada perbedaan kualitas yang terlihat antara Timnas Indonesia dan Singapura, dalam persiapan Piala AFF 2020.

Singapura adalah pemegang empat titel juara Piala AFF. Selain itu, mereka juga cukup diuntungkan sebagai tuan rumah.

Satu hal lainnya yang nampak jauh berbeda dari Indonesia adalah tidak adanya batasan pemain dari tiap klub untuk memperkuat Timnas, seperti yang diterapkan Indonesia.

Ya, awalnya Timnas Indonesia hanya boleh mengambil maksimal dua pemain dari tiap klub, sebab kompetisi Liga 1 2021 masih bergulir selama gelaran Piala AFF 2020.

Belakangan, kebijakan itu sedikit diubah, sehingga ada tim yang mengirimkan tiga sampai empat pemain ke Timnas, yaitu Persebaya Surabaya dan Bali United.

Hal ini jelas tidak diterapkan di negara lain, seperti Singapura, Vietnam, dan Thailand. Mereka tak ragu untuk memanggil pemain yang mayoritas ada di klub tertentu.

Seperti yang disampaikan komentator sepak bola, Tommy Welly alias Bung Towel dalam video teranyar di kanal Youtube-nya.

"Bandingkan dengan Singapura yang sangat mengandalkan klub Lion City Sailor, yang menyumbangkan 14 pemain ke Timnas Singapura," terang Bung Towel.

"Lalu juga Vietnam, klub dari Hanoi itu sembilan pemain. Kalau bicara Filipina, juga ada klub ADT, Azkals Development Team yang menyumbangkan sembilan pemain."

Sementara sang pemegang titel terbanyak di Piala AFF, yaitu Thailand, juga mengambil mayoritas pemain BG Pathum United, dan masih mengandalkan banyak pemain senior.

"Jangan lupa juga di Thailand, salah satu klub besar, BG Pathum itu menyumbangkan enam pemain," lanjut Bung Towel lagi.