Bola Internasional

Shin Tae-yong Bawa Timnas Indonesia Menang di Piala AFF 2020, Korea Selatan Heboh

Jumat, 10 Desember 2021 18:21 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Juni Adi
© pssi
Media Korea Selatan ulas kemenangan Timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong atas Kamboja di Piala AFF 2020. Copyright: © pssi
Media Korea Selatan ulas kemenangan Timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong atas Kamboja di Piala AFF 2020.

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia mengawali perjalanan di Piala AFF 2020 dengan kemenangan 4-2 atas Kamboja, pada Kamis (9/12/2021) lalu. Hasil positif tim asuhan Shin Tae-yong itu terdengar hingga Korea Selatan, negara asal sang pelatih.

Laga melawan Kamboja menjadi debut Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia di putaran final sebuah turnamen. Wajar bila hasil pertandingannya menarik perhatian media Korea Selatan.

Yonhap menjadi satu media Negeri Gingseng yang memberitakan kemenangan Shin Tae-yong dan timnas Indonesia. Mereka menulis berita berjudul "Timnas Indonesia-nya Shin Tae-yong mengalahkan Kamboja 4-2 pada laga Perdana Piala Suzuki AFF,".

Media berbahasa Inggris itu juga seakan tahu arti Piala AFF 2020 bagi Indonesia. Kemenangan yang diraih Shin Tae-yong sangat berarti mengingat Piala AFF dilabeli Yonhap sebagai "Piala Dunia-nya Asia Tenggara".

"Setelah menukangi Timnas Indonesia sejak Desember 2019, coach Shin Tae-yong, yang memulai debut di Piala Suzuki AFF, atau yang disebut Piala Dunia-nya Asia Tenggara, meraih kemenangan pada laga perdana," ujar mereka.

Selain Shin Tae-yong, Yonhap juga memberikan ulasan mengenai Asnawi Mangkualam. Pemain berusia 21 tahun itu pantas mendapat sorotan karena berkarier di Korea Selatan dengan membela Ansan Greenes, klub K-League 2.

"Bek Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam yang bermain untuk klub K-League 2 Ansan Greeners juga bermain penuh," tambah Tonhap lagi.