Bola Internasional

Ada Revisi, Indonesia Gusur Vietnam dari Puncak Klasemen Piala AFF 2020

Senin, 13 Desember 2021 23:15 WIB
Penulis: Bayu Wira Handyan | Editor:
© PSSI
Revisi dari Federasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF) membuat timnas Indonesia secara resmi menggusur Vietnam dari puncak klasemen Grup B Piala AFF 2020. Copyright: © PSSI
Revisi dari Federasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF) membuat timnas Indonesia secara resmi menggusur Vietnam dari puncak klasemen Grup B Piala AFF 2020.

INDOSPORT.COM – Revisi dari Federasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF) membuat timnas Indonesia secara resmi menggusur Vietnam dari puncak klasemen Grup B Piala AFF 2020.

AFF melakukan revisi pada kriteria siapa yang berhak menjadi pemuncak klasemen andaikata ada dua atau lebih tim yang memiliki poin yang sama.

Laporan dari Zing News menyebutkan jika kriteria teranyar AFF tersebut menjadi durian runtuh bagi timnas Indonesia dan menimbulkan keapesan tersendiri untuk Vietnam.

Peraturan AFF menjelaskan jika faktor head to head, jumlah gol, dan jumlah kebobolan merupakan faktor utama untuk menentukan siapa yang berhak duduk di puncak klasemen pada akhir fase grup.

Jika fase grup belum menemui akhirnya, selisih gol menjadi pertimbangan utama untuk menentukan siapa yang berhak bertengger sebagai pemuncak klasemen.

Hal ini membuat timnas Indonesia yang tadinya berada di posisi kedua naik satu tingkat ke puncak klasemen Grup B Piala AFF 2020. Mendepak Vietnam yang tadinya duduk nyaman di sana.