In-depth

Piala AFF 2020: 3 Kunci Sukses Vietnam, Timnas Indonesia Wajib Waspada

Senin, 13 Desember 2021 13:50 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© PSSI
Vietnam dan Timnas Indonesia bakal berhadapan di fase grup Piala AFF 2020, Rabu (15/12/21). Copyright: © PSSI
Vietnam dan Timnas Indonesia bakal berhadapan di fase grup Piala AFF 2020, Rabu (15/12/21).

INDOSPORT.COM - Vietnam tentu bukan lawan yang mudah bagi Timnas Indonesia maupun peserta mana pun yang berpatisipasi di Piala AFF 2020.

Seperti diketahui, Vietnam dan Indonesia berada di grup yang sama di gelaran Piala AFF edisi kali ini. Bukan hanya itu, mereka juga bersaing sengit sebagai pemuncak klasemen sementara.

Sampai tulisan ini dibuat, Vietnam bercokol di pucuk klasemen dengan poin sempurna dari dua laga. Bagaimana tidak? Mereka menhgantam Laos dua gol tanpa balas pada matchday pertama kemudian menekuk Malaysia 3-0 pada matchday kedua.

Sementara itu, Timnas Indonesia juga meraih hasil yang tidak kalah apiknya di dua laga perdana Grup B, yakni mengalahkan Kamboja 4-2 dan yang terkini membantai habis-habisan Laos dengan skor 5-1, Minggu (12/12/12).

Pertandingan antara Indonesia vs Vietnam sendiri bakal digelar pada Rabu tanggal 15 Desember 2021 malam hari WIB. Bagi publik sepak bola Tanah Air, duel ini tentu bakal jadi partai besar yang sangat dinanti-nanti.

Selain Vietnam yang jadi perhatian utama publik internasional lantaran statusnya sebagai juara edisi lalu, anak-anak Park Hang-seo juga punya relasi menarik ketika berhadapan dengan skuat asuhan Shin Tae-yong.

Apalagi, sebelumnya mereka sudah pernah bertemu di pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Yang terkini, Timnas Indonesia dihajar empat gol tanpa balas pada bulan Juni lalu.

Vietnam sendiri belakangan juga dikenal sebagai negara yang tim sepak bolanya berkembang cukup pesat dari masa ke masa. Butuh waktu belasan tahun bagi mereka untuk bangkit setelah terpuruk di 200 besar ranking FIFA medio 2006-an.

Namun kini, Timnas Vietnam tercatat sebagai satu-satunya tim yang berada di 100 besar ranking FIFA ketika berlaga di Piala AFF 2020. Mereka merupakan penghuni peringkat 99.