Bola Internasional

Andai atasi Vietnam di Piala AFF, Timnas Indonesia Bisa Katrol Peringkat FIFA

Rabu, 15 Desember 2021 15:30 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Prio Hari Kristanto
© PSSI
Peringkat timnas Indonesia di FIFA berpeluang membaik andai meraih kemenangan atas Vietnam di ajang Piala AFF 2020. Copyright: © PSSI
Peringkat timnas Indonesia di FIFA berpeluang membaik andai meraih kemenangan atas Vietnam di ajang Piala AFF 2020.

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia akan melakoni duel sengit melawan timnas Vietnam dalam pertandingan lanjutan Grup B Piala AFF 2020 di Stadion Bishan, Singapura, pada Kamis (15/12/2021). Kedua tim dipastikan tampil ngotot demi tiket ke babak semifinal.

Baik Timnas Indonesia maupun Vietnam saat ini sama-sama mengantongi enam poin dari dua pertandingan awal. Tambahan tiga angka pada laga nanti akan membuat sang pemenang berpeluang besar lolos ke babak empat besar Piala AFF 2020.

Di sisi lain, juga akan ada perhitungan poin untuk peringkat internasional FIFA. Jika timnas Indonesia berhasil meraih kemenangan, akan ada tambahan poin yang cukup lumayan berpengaruh pada ranking mereka karena PSSI mendaftarkannya sebagai FIFA A Match.

Ini dikarenakan Vietnam memiliki peringkat yang tinggi yakni 98. Bahkan sangat tinggi untuk level Asia Tenggara. Thailand saja yang sempat mendominasi ASEAN saat ini di tangga ke-118.

Andai Timnas Indonesia menang, skuat Garuda akan mendapatkan tambahan poin 3.51 menjadi 992.07. Hasil itu bisa membuat anak-anak asuh Shin Tae-yong naik ke posisi 164, melewati Papua Nugini yang memiliki akumulasi poin 990.55.

Apabila laga berakhir seri, tim Merah-Putih akan mendapatkan tambahan poin 1.01 dan bertahan di posisi 165. Tak cukup untuk melangkahi Bermuda yang setingkay lebih baik.

Jika apesnya harus menelan kekalahan pun untungnya tidak berakibart terlalu fatal, setidaknya di peringkat FIFA. Timnas Indonesia akan mendapat pengurangan 1.48 poin, tetapi tetap bertahan di posisi 165 tanpa disalip Sudan Selatan.