Bola Internasional

Lagi! Performa Laos Terbitkan Kecurigaan Pengaturan Skor di Piala AFF 2020

Selasa, 14 Desember 2021 21:33 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Yosef Bayu Anangga
© INDOSPORT
Timnas Laos dicurigai melakukan sepak bola gajah di Piala AFF 2020 saat menghadapi Indonesia dan Malaysia demi menguntungkan para penjudi. Copyright: © INDOSPORT
Timnas Laos dicurigai melakukan sepak bola gajah di Piala AFF 2020 saat menghadapi Indonesia dan Malaysia demi menguntungkan para penjudi.

INDOSPORT.COM - Gelaran Piala AFF 2020 masih dalam fase grup, tapi sudah dugaan bahwa turnamen sepak bola untuk negara-negara Asia Tenggara tersebut sudah dinodai oleh kasus match-fixing. Tuduhan itu ditujukan ke Laos yang punya catatan merah perkara ini.

Laos saat ini adalah penghuni posisi paling buncit di klasemen sementara Grup B. Tim berjuluk Pha Lung khao niew itu sudah mengalami kekalaha tiga kali dan selisih gol -10.

Mengingat sejarah Laos yang bukan negara kuat sehingga sering jadi lumbung gol bahkan di level ASEAN pun sebenarya fenomena selisih gol -10 sebenarnya tidak aneh. Akan tetapi sesuatu yang wajar kadang membuat kita juga bisa lengah.

Akun twitter @RabonaMike adalah yang mencetuskan jika dirinya melihat adanya sikap tak wajar dalam sejumlah pertandingan Laos di Piala AFF kali ini. Termasuk di partai melawan timnas Indonesia pada Minggu (12/12/21) lalu dan Malaysia tiga hari sebelumnya.

Aphixay Thanakhanty dan Kaharn Phetsivilay jadi dua pemain Laos yang paling dicurigai @RabonaMike sebagai pion yang menjalankan pengaturan skor di lapangan. Melawan Malaysia, keduanya baru masuk di babak kedua dan tampak dengan mudah membiarkan umpan-umpan terobosan lawan.

Bukan kali ini saja @RabonaMike mencurigai Aphixay dan Kaharn mengatur laga Laos vs Malaysia. Di Piala AFF 2018 silam saat Harimau Malaya menang 3-1 juga timbul kecurigaan yang sama.

Untuk laga melawan timnas Indonesia, giliran kiper Solasak Thilavong yang mencuri perhatian @RabonaMike. Layaknya Aphixay dan Kaharn, ia juga baru turun di babak kedua dan langsung membuat perubahan signifikan dalam hal negatif.