Bola Internasional

Hancurkan Laos, Timnas Indonesia Jadi Tim Tersubur di Piala AFF 2020

Minggu, 12 Desember 2021 21:05 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Indra Citra Sena
© PSSI.
Selebrasi Evan Dimas dan Irfan Jaya di laga Timnas Indonesia vs Kamboja pada ajang Piala AFF 2020, Kamis (9/12/21). Copyright: © PSSI.
Selebrasi Evan Dimas dan Irfan Jaya di laga Timnas Indonesia vs Kamboja pada ajang Piala AFF 2020, Kamis (9/12/21).

INDOSPORT.COM - Kemenangan besar atas Laos dengan skor 5-1 pada Minggu (12/12/21) sore membuat timnas Indonesia mengukir catatan apik. Saat ini, pasukan Shin Tae-yong adalah tim paling subur di Piala AFF 2020.

Dari dua pertandingan fase grup yang sudah dilalui, timnas Indonesia total telah menyarangkan sembilan gol. Jumlah ini mengungguli Filipina (8), Malaysia (7), dan Thailand (6) yang juga sama-sama baru memainkan dua laga.

Dua pemain berposisi gelandang, Evan Dimas dan Rachmat Irianto, menjadi sumber pemasukan terbanyak timnas Indonesia. Penggawa panggilan dari Bhayangkara FC dan Persebaya Surabaya itu masing-masing mengantongi dua gol.

Sementara itu, sisa lima gol dibagi rata untuk Asnawi Mangkualam, Irfan Jaya, Witan Sulaeman, Ezra Walian, dan Ramai Rumakiek. Inilah pertanda baik karena setiap lini dari belakang, tengah, hingga depan semuanya bisa menjadi sumber gol.

Sayangnya, untuk gelar top skor sementara masih belum bisa digenggam oleh pemain-pemain Tanah Air. Saat ini, bintang Malaysia, Safawi Rasid, yang sudah mendulang empat lesakan menjadi tuan titel tersebut.

Kendati banyak gol bisa dianggap sebagai catatan positif dalam usaha menjadi juara di Piala AFF 2020, Timnas Indonesia belum boleh terlena. Secara ujian sebenarnya baru akan dimulai setelah ini.

Kamboja dan Laos yang sudah ditundukkan bukanlah kategori lawan sulit. Baik Angkor Warriors maupun Pha Lung khao niew sudah biasa menjadi lumbung gol bahkan di level Asia Tenggara.