Liga Indonesia

2 dari Persebaya, 5 Starter Tak Tergantikan Timnas Indonesia di Piala AFF 2020

Kamis, 16 Desember 2021 21:05 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
© PSSI
Timnas Indonesia sudah menjalani 3 di Piala AFF. Sejauh ini, ada 5 pemain selalu dijadikan starter oleh Shin Tae-yong, 2 di antaranya dari Persebaya. Copyright: © PSSI
Timnas Indonesia sudah menjalani 3 di Piala AFF. Sejauh ini, ada 5 pemain selalu dijadikan starter oleh Shin Tae-yong, 2 di antaranya dari Persebaya.

INDOSPORT.COM – Timnas Indonesia sudah menjalani 3 di Piala AFF 2020. Sejauh ini, ada 5 pemain selalu dijadikan starter oleh Shin Tae-yong, 2 di antaranya dari Persebaya.

Timnas Indonesia baru saja menjalani laga ketiga Grup B Piala AFF, Rabu (15/12/21) malam WIB. Menghadapi juara bertahan dan kandidat juara Vietnam, skuat Garuda mencuri 1 angka lewat hasil imbang 0-0.

Hasil itu membawa Evan Dimas dkk sukses mempertahankan takhta sebagai pemuncak grup dengan 7 poin, unggul selisih gol dari Vietnam.

Sebelumnya, pasukan Shin Tae-yong itu berhasil merebut kemenangan di 2 laga pertama dengan mengalahkan Kamboja 4-2 dan Laos 5-1.

Torehan 7 poin dari 3 laga ini terbilang cukup apik. Timnas Indonesia kini tinggal membutuhkan hasil seri saat menghadapi Malaysia pada  Minggu (19/12/21) malam WIB untuk lolos ke semifinal.

Di sisi lain, skuat Garuda pun terus menunjukkan peningkatan kualitas. Dari jumlah kebobolan misalnya, angka itu terus berkurang dari 2 gol di laga pertama, 1 gol di laga kedua, hingga meraih cleansheet saat menghadapi Vietnam.

Hasil ini tak lepas dari kejelian Shin Tae-yong menerapkan strategi permainan. Tak hanya itu, pelatih asal Korea Selatan itu juga kerap melakukan rotasi pemain demi menjaga kebugaran anak asuhnya.

Di sektor kiper saja, dalam 3 laga yang sudah dijalani, Tae-yong selalu menurunkan 3 penjaga gawang yang berbeda.

Meski demikian, di tengah rotasi rutin, ada 5 pemain Timnas Indonesia yang terbukti tak tergantikan dengan selalu menjadi starter di 3 laga yang sudah dijalani. Siapa saja mereka? Berikut ulasannya: