In-depth

Momen Timnas Indonesia Bertemu Malaysia di Piala AFF 2010: Tertawa di Awal, Mewek di Akhir

Jumat, 17 Desember 2021 16:58 WIB
Editor: Juni Adi
© AP
Maman Abdurahman di final Piala AFF 2010. Copyright: © AP
Maman Abdurahman di final Piala AFF 2010.

INDOSPORT.COM - Piala AFF 2010 menjadi edisi yang paling berbekas di benak publik Tanah Air, karena Timnas Indonesia tampil perkasa namun kalah di final oleh Malaysia.

Timnas Indonesia akan berhadapan dengan Malaysia di pertandingan terakhir babak penyisihan Grup B Piala AFF 2020 di Stadion Nasional, Singapura, Minggu (19/12/21) malam WIB.

Duel tersebut menjadi laga hidup mati bagi kedua tim untuk menentukan langkah mereka di Piala AFF 2020 terhenti atau berlanjut ke semifinal.

Timnas Indonesia berpeluang besar untuk bisa lolos, karena mereka hanya membutuhkan hasil imbang di laga ini. Sedangkan Malaysia, mutlak harus menang.

Saat ini Skuad Garuda berada di puncak klasemen dengan koleksi 7 poin, sedangkan Harimau Malaya berada di posisi ke-3 dengan 6 poin.

Kemenangan atau imbang akan membuat Timnas Indonesia lolos bisa saja dengan status juara grup, jika Vietnam kalah atau imbang melawan Kamboja di pertandingan lain.

Sementara Malaysia, diharuskan menang untuk bisa menggeser posisi Timnas Indonesia. Mereka bisa juga menjadi pendamping Vietnam sebagai runner-up grup B jika The Golden Star menang atas Kamboja.

Di atas kertas, Timnas Indonesia diunggulkan meraih hasil positif karena mereka belum terkalahkan dalam tiga pertandingan terakhir Grup B Piala AFF 2020, menang 4-2 atas Kamboja, menang 5-1 atas Laos dan imbang 0-0 lawan Vietnam.

Sedangkan Malaysia, dari tiga pertandigan mereka hanya menang dua kali dan sudah satu kali menelan kekalahan, menang 3-1 atas Kamboja, menang 4-0 atas Laos dan kalah 3-0 dari Vietnam.

Kendati mengalami nasib yang berbeda dari segi performa, namun kedua tim tetap akan menampilkan performa terbaiknya karena pertandingan Timnas Indonesia vs Malaysia tidak hanya sekadar menang dan kalah melainkan juga soal gengsi.

Maka tidak heran jika setiap kali pertandingan Timnas Indonesia vs Malaysia, bumbu-bumbu sepak bola selalu menjadi penyedapnya seperti huru-hara pendukung kedua negara di media sosial yang selalu ramai saling sindir.

Bicara pertandingan Timnas Indonesia melawan Malaysia, kiprah Skuad Garuda di Piala AFF 2010 tentu yang paling membekas di benak publik Tanah Air. Berikut INDOSPORT.COM kembali mengulas perjalanan Skuad Garuda di Piala AFF 2010.