Bola Internasional

Eksklusif: Aidil Sharin, Guardiola Singapura yang Jagokan Timnas Indonesia di Piala AFF

Minggu, 19 Desember 2021 07:28 WIB
Editor: Subhan Wirawan
© bolatimes
Aidil Sharin, Pep Guardiola Singapura yang Jagokan Timnas Indonesia di Piala AFF Copyright: © bolatimes
Aidil Sharin, Pep Guardiola Singapura yang Jagokan Timnas Indonesia di Piala AFF

INDOSPORT.COM – Simak cerita ekslusif bersama Aidil Sharin, salah satu pelatih top Liga Malaysia berjuluk Pep Guardiola asal Singapura yang jagokan Timnas Indonesia pada gelaran Piala AFF 2020.

Nama Aidil Sharin sebelumnya memang sempat jadi perbincangan hangat para pecinta sepak bola Tanah Air, terutama sepanjang tahun 2019 silam saat dirinya masuk bursa kepelatihan Persija.

Aidil Sharin Sahak mencuat sebagai salah satu sosok yang dikaitkan ke Persija untuk menggantikan Julio Banuelos yang gagal membawa Macan Kemayoran beranjak dari zona degradasi.

Namun kesepakatan antara Persija dan Aidil Sharin gagal terlaksana. Lantaran sang pelatih diwaktu yang bersamaan, menerima perpanjangan kontrak yang diberikan Kedah FA.

"Saya baru sign kontrak baru. Alhamdulillah rezeki dan mereka di sana masih menginginkan saya. Insya Allah tahun 2021 saya mau latih tim Indonesia," ucap Aidil Sharin kepada redaksi INDOSPORT.com tahun 2019 silam.

Kiprah Aidil Sharin di Liga Malaysia sendiri terbilang cukup impresif.

Dirinya pernah membawa Kedah FA juara Malaysia FA Cup, pelatih berusia 42 tahun tersebut juga membawa The Red Eagle mengakhiri musim dengan finish di urutan keempat di musim 2019 lalu.

Serta meraih runner up Malaysia Cup 2019 setelah kalah 0-3 dari Johor Darul Ta'zim di partai final.

Bahkan dalam dua musim terakhir, Adil Sharin berhasil mengantarkan Kedah FA lolos ke Liga Champions Asia secara beruntun dengan status runner Liga Super Malaysia.

Berbekal prestasi tersebut, Aidil Sharin pun sukses pecahkan rekor sebagai pelatih kepala asli Singapura pertama dalam sejarah yang bisa membawa tim non-Singapura berlaga di Liga Champions Asia.

Kini ditengah masa jeda pasca berakhirnya kompetisi Liga Super Malaysia, INDOSPORT kembali berkesempatan untuk berbincang dengan Aidil Sharin dan membahas seputar gelaran Piala AFF 2020.

Dalam wawancara singkatnya, Aidil Sharin yang cukup lama berkompetisi di Liga Malaysia, menyebut jika skuat Harimau Malaya akan kesulitan untuk lolos dari fase penyisihan grup.

Pasalnya, skuat Timnas Malaysia yang dibawa saat ini bukanlah pemain terbaik dan masih kalah saing dengan dua tim lain yakni Indonesia dan Vietnam.

“Menurut saya, Timnas Vietnam yang paling favorit untuk bisa lolos dari penyisihan Grup B Piala AFF 2020. Untuk Malaysia mungkin sulit, karena mereka tidak bawa the best team di ajang kali ini,” ucap Aidil.

Meski begitu, Aidil Sharin tetap memberikan peringatan kepada lawan yang dihadapi Malaysia, khususnya Timnas Indonesia yang bakal bertemu sore nanti, lantaran tim besutan Tan Cheng Hoe tersebut memiliki satu pemain kunci dengan potensi menjanjikan dan bisa jadi mimpi buruk pertahanan Garuda.

“Tapi saat ini di Timnas Malaysia ada pemain potensial, Arif Aiman Hanapi. Dia berhasil memenangkan 3 penghargaan musim ini. Arif Aiman Hanapi adalah pemain yang sangat cepat dan cerdas, jadi harus diwaspadai pergerakannya,” tambah sang pelatih.