Bola Internasional

Tiga Skenario Kelolosan Timnas Indonesia ke Semifinal Piala AFF 2020

Minggu, 19 Desember 2021 05:44 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Subhan Wirawan
© PSSI
Tiga Skenario Kelolosan Timnas Indonesia ke Semifinal Piala AFF 2020 Copyright: © PSSI
Tiga Skenario Kelolosan Timnas Indonesia ke Semifinal Piala AFF 2020

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia akan menentukan lolos atau tidaknya mereka ke semifinal Piala AFF 2020 dengan menghadapi Malaysia pada Minggu (19/12/21) mendatang di laga pamungkas fase grup. Ada sejumlah skenario yang bisa memastikan Tim Garuda tetap bertahan di kompetisi dua tahunan itu.

Pertama-tama kita harus mengenal dulu format Piala AFF. Dua tim yang finis di urutan teratas pada babak grup bakal melaju ke semi final dengan juara masing-masing grup bakal berhadapan dengan runner-up grup sebelah.

Dua favorit di Grup A, Thailand dan Singapura, telah memastikan kelolosan setelah menyapu bersih tiga laga pertama mereka. The War Elephants kemudian berhak jadi juara grup setelah menggebuk The Lions 0-2 di partai penentu pada Sabtu (18/12/21).

Sementara itu persaingan di Grup B masih terbuka lebar. Timnas Indonesia dan Vietnam masing-masing mengantongi tujuh poin dari tiga laga, sedangkan Malaysia mengemas enam angka dari jumlah laga yang sama.

Andai di dalam grup Piala AFF ada dua tim atau lebih yang memiliki poin sama, maka peringkat akan ditentukan oleh ketentuan-ketentuan berikut: 

1. Margin gol di semua pertandingan grup.
2. Total gol yang dicetak. Semakin banyak semakin baik.
3. Head-to-head antara kedua tim.
4. Adu penalti namun hanya jika tim terkait bertemu di partai pamungkas putaran grup.
5. Pengundian oleh panitia Piala AFF.

Dengan ketetapan di atas maka dipastikan timnas Indonesia bisa lolos dengan hasil apapun melawan Malaysia. Asalkan semuanya berjalan sesuai skenario di bawah ini: