Bola Internasional

Hasil Pertandingan Piala AFF 2020 Malaysia vs Timnas Indonesia: Malaysia Terganyang

Minggu, 19 Desember 2021 21:26 WIB
Editor: Juni Adi
© PSSI
Malaysia vs Timnas Indonesia di Piala AFF 2020. Copyright: © PSSI
Malaysia vs Timnas Indonesia di Piala AFF 2020.

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia sukses meraih kemenangan besar atas Malaysia di pertandingan terakhir Grup B Piala AFF 2020.

Timnas Indonesia unggul 4-1 atas Malaysia di pertandingan terakhir Grup B Piala AFF 2020 di Stadion Nasional, Singapura, Minggu (19/12/21).

Malaysia sempat unggul lebih dahulu melalui gol Kogileswaran Raj menit ke-13. Namun mampu disamakan oleh Timnas Indonesia lewat gol Irfan Jaya menit ke-36.

Timnas Indonesia berbalik unggul melalui gol Irfan Jaya lagi menit ke-43. Dua gol lainnya tercipta di babak kedua melalui gol Pratama Arhan menit ke-50 dan Elkan Baggott menit ke-82.

Babak I

Timnas Indonesia langsung mengambil inisiatif serangan di awal-awal babak pertama. Sektor sayap menjadi andalan mereka untuk membangun serangan namun masih kerap dipatahkan oleh para pemain belakang Malaysia.

Menit ke-13 Timnas Indonesia dikejutkan dengan gol Malaysia yang diecetak oleh Kogileswaran Raj. Berawal dari lemparan ke dalam, skrimit terjadi di jantung pertahanan Timnas Indonesia.

Namun bola sempat dihalau oleh Irfan Jaya, sayang hasil sapuan jatuh ke kaki Kogileswaran dan ia tanpa ragu melepaskan tendnagan ke gawang yang tak bisa dihadang kiper Nadeo. Skor berubah 1-0.

Menit ke-14 gawang Timnas Indonesia kembali terancam oleh para pemain Malaysia. Namun umpan silang yang dilakukan tak ada rekan yang menyambut, dan mampu dihalau oleh Nadeo.

Timnas Indonesia masih berusaha untuk membangun serangan. Peluang berbahaya didapat oleh Witan Sulaeman menit ke-22. Tapi sayang sepakannya di depan mistar masih lemah. Skor masih 1-0.

Satu menit berselang gawang Timnas Indonesia mendapat ancaman lewat Safawi Rashid. Beruntung ia mampu dihentikan oleh Dewangga.

Hingga menit ke-30 para pemain Timnas Indonesia masih berusaha untuk membangun serangan.

Malaysia mendapat peluang emas menit ke-34. Berawal dari serangan bali cepat, Muhammad Syafiq yang sudah berhadapan dengan Nadeo melepaskan tendangan lambung, beruntung bola sedikit melenceng ke sisi gawang.

Gol yang ditunggu-tunggu oleh publik Tanah Air akhirnya datangjuga. Irfan Jaya mencetak gol menit ke-36 memanfaatkan umpan tarik dari Witan. Skor berubah 1-1.

Timnas Indonesia kembali mengancam melalui Ramai Rumakiek. Dia yang sudah berhadapan dengan kiper tidak tenang sehingga bola sepakannya melambung tinggi menit ke-37.

Jelang menit akhir babak pertama, Timnas Indonesia berhasil membalikan keadaan menjadi 2-1. Pada meenit ke-43, Irfan kembali mencatatkan namanya di papan skor.

Unggul membuat kepercayaan diri para pemain Timnas Indonesia bertambah. Mereka terus menggempur pertahanan Malaysia, namun hingga wasit meniup peluit babak pertama usai skor 2-1 untuk keunggulan Skuad Garuda tak berubah.