Bola Internasional

Mengenal Liam Oetoehganal, Eks Timnas Belanda yang Siap Bela Timnas Indonesia

Minggu, 19 Desember 2021 14:00 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Berikut ini adalah profil Liam Oetoehganal, mantan pemain Timnas Belanda usia muda yang membuka peluang untuk membela Timnas Indonesia.

Tak heran jika Liam Oetoehganal berharap bisa membela Timnas Indonesia. Pasalnya, nenek dari ayahnya adalah warga Sungkai, sebuah daerah di Kalimantan Selatan.

Sementara sang Ibu, diketahui memiliki darah Jawa-Suriname. Hanya saja, Liam Oetoehganal lahir dan besar di Belanda, sehingga tercatat sebagai pemain Eropa.

Ya, Liam memiliki potensi sepak bola sejak kecil. Pemain kelahiran 4 Mei 2004 ini pun sempat dipanggil untuk magang di skuat usia muda Belanda dan membela Timnas.

"Saya dipanggil untuk magang pelatihan di KNVB (federasi sepak bola Belanda). Lalu saya terpilih untuk Timnas Belanda masa depan U-15 sampai U-17 tahun," ujar Liam.

Sehari-harinya, Liam Oetoehganal bermain di klub Feyenoord Rotterdam U-18. Dilansir dari Transfermarkt, ia sudah membela tim Belanda itu sejak 2011, di usia tujuh tahun.

Jelas saja Feyenoord tak mau melepas Liam Oetoehhanal. Sebab, pesepak bola 17 tahun itu dikenal sebagai pemain serba bisa, dan juga pernah menjabat sebagai kapten tim.

"Saya bermain di lini tengah dengan nomor punggung 6 atau 8, tetapi saya juga dapat ditempatkan di posisi belakang," jelas Liam Oetoehganal, dinukil dari Koran Banjar.

Meski pernah membela Timnas Belanda usia muda, namun Liam Oetoehganal juga membuka peluang andai PSSI berminat mendatangkannya ke Timnas Indonesia.