Bola Internasional

Piala AFF 2020: Shin Tae-yong Ungkap Rahasia Timnas Indonesia Mampu Kalahkan Malaysia

Senin, 20 Desember 2021 00:37 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Subhan Wirawan
© PSSI
Piala AFF 2020: Shin Tae-yong Ungkap Rahasia Timnas Indonesia Kalahkan Malaysia 1-4 Copyright: © PSSI
Piala AFF 2020: Shin Tae-yong Ungkap Rahasia Timnas Indonesia Kalahkan Malaysia 1-4

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia melaju ke semifinal Piala AFF 2020 setelah menang telak 1-4 atas Malaysia, Minggu (19/12/21) di National Stadium, Singapura. Mental pemenang disebut jadi kunci sukses skuat Garuda. 

Empat gol Timnas Indonesia dicetak oleh Irfan Jaya ('36 dan '43), Pratama Arhan ('50) dan Elkan Baggott ('82). Sementara satu-satunya gol Malaysia dilesakan K. Raj ('13).

Usai laga, pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong mengatakan kunci kemenangan atas Malaysia adalah mental kuat pemain Indonesia. Hal itu telah 'dibakar' Shin Tae-yong sebelum pertandingan dimulai. 

"Sebelum laga kami ada meeting dan saya tegaskan ke pemain kalau kemasukan gol lebih dulu jangan nafsu (menyerang). Kami hanya perlu lakukan apa yang instruksi (strategi)," jelas Shin Tae-yong.

"Kami (tim pelatih) juga berikan semangat biar pemain lebih percaya diri, berani duel bola juga dan saya lihat pemain muda kami semakin berkembang," imbuhnya.

Kemenangan atas Malaysia membuat Indonesia mengakhiri Grup B Piala AFF 2020 di peringkat pertama. Tim Merah Putih punya 10 poin dari empat laga, sama halnya dengan Vietnam, tapi unggul produktivitas gol.