Bola Internasional

Piala AFF: 3 Bintang Timnas Indonesia Wajib Tampil Saat Hadapi Singapura

Selasa, 21 Desember 2021 14:03 WIB
Editor: Subhan Wirawan
© PSSI
Piala AFF: 3 Bintang Timnas Indonesia Wajib Tampil Saat Hadapi Singapura Copyright: © PSSI
Piala AFF: 3 Bintang Timnas Indonesia Wajib Tampil Saat Hadapi Singapura

INDOSPORT.COM – Melihat tiga pemain bintang Timnas Indonesia yang wajib jadi tampil demi raih kemenangan saat menghadapi Singapura di partai semifinal Piala AFF 2020. Siapa saja mereka?

Bertanding di National Stadium pada Rabu (21/12/21) mendatang, Timnas Indonesia yang berstatus juara Grup B Piala AFF 2020 akan jalani partai berat kontra tuan rumah Singapura di semifinal.

Jika melihat rapor pertandingan kedua kesebelasan sepanjang penyisihan grup, Timnas Indonesia sedikit lebih diuntungkan ketimbang Singapura.

Bergabung bersama Malaysia, Vietnam, Kamboja dan Laos di Grup B, skuat Timnas Indonesia belum pernah rasakan kekalahan dari empat partai serta mampu mencetak 13 gol.

Catatan tersebut membuat Timnas Indonesia jadi tim terproduktif di gelaran Piala AFF 2020 kali ini.

Sementara Singapura sebagai pihak penyelenggara, sempat bermain apik di tiga pertandingan awal sebelum akhirnya tumbang dari Thailand dan membuat mereka finish sebagai runner up Grup A.

Meski di babak penyisihan grup tahun ini Timnas Indonesia terlihat superior ketimbang Singapura, namun secara rekor pertemuan terutama selama ajang Piala AFF, kubu The Lions justru lebih unggul dari Garuda.

Tercatat dari 9 kali pertemuan di Piala AFF, Timnas Indonesia menelan empat kali kekalahan dan cuma tiga kali menang atas Singapura.

Berbekal statistik tersebut, Timnas Indonesia pun tak boleh anggap enteng permainan Singapura di leg pertama semifinal nanti.

Jika melihat performa selama penyisihan grup, setidaknya ada tiga pemain Timnas Indonesia yang mampu tampil gemilang dan layak jadi pilihan utama kala menghadapi Singapura:

Siapa sajakah mereka? Berikut INDOSPORT coba merangkum serta mengulas:

Asnawi Mangkualam
Nama pertama adalah Asnawi Mangkualam, pemain bertahan berusia 22 tahun tersebut memang jadi pilihan utama pelatih Shin Tae-yong dalam empat pertandingan awal penyisihan grup Piala AFF.

Mengisi posisi full back kanan Timnas Garuda, Asnawi Mangkualam berhasil mencatatkan satu gol dan lima umpan kunci.

Selain itu, Asnawi juga mampu melepaskan 40 tackle sukses, delapan sapuan, satu blok, dan tiga intersep.

Tak hanya statistik yang membuat Asnawi layak jadi starter, kemampuannya kala memimpin rekan saat dipercaya sebagai kapten juga jadi alasan kuat.

Meski ban kapten Timnas saat ini dipegang Evan Dimas, namun cara berkomunikasi serta mengatur rekannya di lapangan terlihat jauh lebih tegas. Kelebihan ini yang membuat Asnawi layak mengisi starter line up Timnas.