Liga Indonesia

Dominan dan Haus Gol, Klub Milik Gede Widiade Juara Liga 3 DKI Jakarta

Kamis, 23 Desember 2021 07:25 WIB
Editor: Indra Citra Sena
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Tuntas sudah perjuangan Batavia FC di Liga 3 2021 zona DKI Jakarta. Klub milik mantan Direktur Utama Persija Jakarta, Gede Widiade, ini sukses menyabet gelar juara usai mengalahkan ASIOP FC dengan skor tipis 1-0, Rabu (22/12/21). 

Pertandingan yang berlokasi di Stadion Soemantri Brodjonegoro, Jakarta Selatan, tersebut berlangsung sengit. Kedua tim sama-sama ngotot mengejar gol kemenangan, bahkan harus berlanjut ke babak ekstra sebelum striker Batavia FC, Ardi Ardiana, membobol gawang ASIOP FC pada menit ke-109. 

Gol semata wayang Ardi sudah cukup untuk mengantarkan Batavia FC ke podium juara Liga 3 2021 zona DKI Jakarta. Mereka merajai ibu kota berbekal catatan mentereng sedari fase grup hingga final. 

Total Batavia FC menorehkan 28 gol dalam delapan pertandingan (rata-rata 3,5 gol per laga) sejak fase grup hingga juara. Perinciannya adalah melibas Betawi FC (10-0), Urakan FC (5-1), PSJS Jaksel (5-0), dan Taruna Persada (2-0), plus imbang tanpa gol melawan ASIOP. 

Selanjutnya, Batavia FC menyingkirkan klub elite DKI Jakarta yang pernah terlibat rivalitas sengit dengan Persija Jakarta di kasta tertinggi era 2010-an, Persitara Jakarta Utara, di babak 8 besar. Mereka memetik kemenangan meyakinkan dua gol tanpa balas. 

Di semifinal, Batavia FC menggebuk klub legendaris yang sudah berdiri sedari zaman kolonial Belanda, Union Makes Strenght (UMS), dengan skor 3-1. Pertandingan mesti berlanjut ke babak ekstra setelah kedua tim bermain sama kuat 1-1 di waktu normal. 

Terakhir, Batavia FC menyudahi perlawanan rival satu grupnya, ASIOP FC, dengan skor tipis 1-0 di final Liga 3 2021 zona DKI Jakarta. Prestasi ini berarti mereka berhak melenggang ke putaran nasional sekaligus membuka peluang promosi ke Liga 2 musim depan.