Bola Internasional

Sempat Larang Suporter Indonesia Kibarkan Merah Putih, FA Singapura Lupa Hal Ini

Rabu, 22 Desember 2021 17:40 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Suporter Timnas Indonesia akhirnya diberikan izin untuk membawa bendera merah putih saat bersua Singapura di semifinal Piala AFF 2020. Ternyata, FA Singapura memang telah melupakan sesuatu.

Sebelumnya, media sosial resmi Federasi Sepak Bola Singapura memperingatkan suporter timnas Indonesia untuk tidak membawa bendera merah putih. Hal tersebut lantas menimbulkan banyak reaksi dari netizen tanah air.

Sejumlah netizen melakukan protes karena kebebasannya dibatasi dan menganggap aturan badan anti doping dunia (WADA) hanya berlaku pada atlet dan ofisialnya.

Tidak hanya netizen dari Indonesia, sejumlah warganet Thailand juga melakukan aksi yang sama karena negaranya mendapat sanksi dari WADA.

Usut punya usut, FA Singapura sepertinya lupa atau tidak mengetahui aturan yang ada. Sebab sanksi yang diberi oleh WADA soal larangan bendera nasional berkibar hanya diperuntukkan bagi pihak penyelenggara.

Dengan demikian, suporter atau pemain tentu masih diperbolehkan mengibarkan bendera nasional, seperti yang dilakukan oleh suporter Thailand di Piala AFF 2020.

Hal ini juga ditegaskan oleh Sekjen WADA, Olivier Niggli, kemudian disampaikan oleh Ketua NOC Indonesia, Raja Sapta Oktohari, beberapa waktu lalu.

"NOC Indonesia bertanya langsung ke WADA, karena banyak yang mengira sanksi Indonesia sama seperti sanksi Rusia," ucap Raja Sapta di konferensi pers, Jumat (10/12/21).

"WADA menegaskan sanksinya berbeda. Tidak ada larangan bagi Indonesia untuk menggunakan atribut bendera Merah Putih di seragam atau jersey pemain," imbuhnya.