Bola Internasional

Wasit yang Sempat Bersitegang dengan Shin Tae-yong Dipecat dari Piala AFF 2020

Senin, 27 Desember 2021 12:53 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor: Isman Fadil
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Wasit Saoud Ali Al-Adba resmi diberhentikan dari ajang Piala AFF 2020. Pengadil lapangan asal Qatar yang pernah adu argumen dengan pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong dipulangkan ke negaranya karena keputusan kontroversial.

Melansir dari laman Dantri, Saoud Ali Al-Adba baru saja mengumumkan bahwa dia telah meninggalkan Singapura dan mengakhiri tugasnya di Piala AFF 2020. Dia pernah mendapatkan sorotan tajam pada leg pertama semifinal antara Vietnam vs Thailand.

Sepanjang laga, ada beberapa keputusan dari Saoud Ali yang mengundang kontroversi. Salah satunya adalah saat dia memberi kartu kuning pada kiper Thailand, Chatchai Budprom.

Budprom menjatuhkan Van Toan dengan menarik baju. Namun sang pengadil hanya memberikannya kartu kuning. Lalu di akhir laga laga pemain Thailand Weerathep Pomphan juga jelas-jelas melakukan handball di kotak terlarang. Tapi Saoud mengabaikannya dan melanjutkan pertandingan.

Para penggemar Vietnam menilai keputusan wasit asal Qatar itu banyak yang menguntungkan Thailand. Banyak netizen yang membagikan kekesalan mereka di platform jejaring sosial, dan bahkan akun media sosial Facebook milik Saoud Ali diretas.

Adapun dengan kontroversi tersebut, Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF) mengusulkan kepada AFF meminta adanya solusi yang efektif untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas wasit. 

Wakil Presiden VFF, Tran Quoc Tuan telah berdiskusi langsung dengan Presiden AFF, Khiev Sameth, dan Sekretaris Jenderal AFF Winston Lee tentang masalah wasit di Piala AFF 2020, terutama di dua laga semifinal antara Singapura vs Timnas Indonesia dan Vietnam vs Thailand.

Kemungkinan besar kesalahan wasit Al-Adba Saoud Ali dalam pertandingan Vietnam vs Thailand sudah diinvestigasi secara mendalam oleh AFF. Hal itu membuat Saoud Ali tak bisa memperpanjang masa kerjanya di Piala AFF 2020.