Bola Internasional

Bali United AFC Cup Resmi Wakili Indonesia di AFC Cup 2020

Kamis, 30 Desember 2021 18:59 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Isman Fadil
© Bali United
Bali United ditunjuk PSSI untuk mewakili Indonesia di ajang AFC Cup 2022 bersama dengan PSM Makassar. Copyright: © Bali United
Bali United ditunjuk PSSI untuk mewakili Indonesia di ajang AFC Cup 2022 bersama dengan PSM Makassar.

INDOSPORT.COM - PSSI menunjuk Bali United sebagai wakil Indonesia di Piala AFC 2022 nanti. Keputusan ini diketahui setelah tim berjuluk Serdadu Tridatu mengumumkan di akun media sosial mereka pada hari ini, Kamis (30/12/21).

Bali United tidak sendirian. Untuk menemani mereka, PSSI juga memberikan izin pada PSM Makassar yang juga langsung membuat pemberitahuan resmi.

Tentu saja banyak orang yang bertanya-tanya kenapa PSSI memilih dua tim tersebut. Bukan hal aneh mengingat Liga 1 2020 yang seharusnya jadi acuan tidaklah selesai akibat pandemi Covid-19.

Sementara itu BRI Liga 1 musim 2021/2022 ini baru memasuki pekan ke-17. Alhasil, belum bisa ditentukan siapa yang menjadi juara di kompetisi kasta tertinggi sepakbola Indonesia tersebut untuk musim ini.

Maka dari itu PSSI memilih Bali United yang merupakan kampiun Liga 1 2019. Pertimbangan lainnya adalah hasil Club Licensing Cycle 2021. 

Seperti diketahui, Bali United dan PSM Makassar sudah lolos dan mengantongi lisensi klub profesional dari AFC untuk tahun 2021. Sebuah standar yang belum dimiliki banyak klub di tanah air.

Alasan tambahan untuk Juku Eja maju sebagai wakil karena juara Piala Indonesia 2019. PSSI pun sudah mengajukan alasan ini dan rupanya telah disetujui oleh AFC.

Sebelumnya, Bali United dan Persipura Jayapura dipilih untuk mentas di Piala AFC 2021. Namun, kedua tim ini batal tampil karena kompetisi zona Asia Tenggara dibatalkan imbas pandemi COVID-19.