Bola Internasional

Sulit Juara, 6 Gelar yang Bisa Dibawa Pulang Timnas Indonesia di Piala AFF 2020

Sabtu, 1 Januari 2022 08:17 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
© PSSI
Sulit juara setelah kalah 0-4 dari Thailand di Piala AFF 2020, Timnas Indonesia masih berpeluang membawa pulang 6 gelar individu melalui bintang-bintangnya. Copyright: © PSSI
Sulit juara setelah kalah 0-4 dari Thailand di Piala AFF 2020, Timnas Indonesia masih berpeluang membawa pulang 6 gelar individu melalui bintang-bintangnya.

INDOSPORT.COM – Sulit juara setelah kalah 0-4 dari Thailand di Piala AFF 2020, Timnas Indonesia masih berpeluang membawa pulang 6 gelar melalui bintang-bintangnya.

Gelaran Piala AFF 2020 kini mendekati akhir. Kompetisi sepak bola bagi negara-negara Asia Tenggara itu akan menggelar leg kedua partai final yang mempertemukan Thailand vs Indonesia, Sabtu (01/01/22) pukul 19.30 WIB.

Thailand sendiri berada dalam kondisi diuntungkan. Pasalnya, tim berjuluk War Elephants alias gajah perang itu berhasil menang telak 4-0 di leg pertama yang digelar pada 29 Desember 2021 lalu.

Dengan modal tersebut, kekalahan telak 0-3 di leg kedua malam nanti pun masih bisa membawa Thailand yang diasuh  Alexandre Polking merebut gelar juara Piala AFF untuk keenam kalinya sepanjang sejarah.

Di sisi lain, hasil tersebut membuat langkah Indonesia menjadi sangat berat untuk merebut gelar juara Piala AFF untuk pertama kalinya. Asnawi Mangkualam dkk harus menang dengan selisih 5 gol untuk menjadi juara, atau menang 4 gol untuk memaksakan laga berlanjut ke adu penalti.

Namun, meski terancam gagal mengakhiri kutukan selalu menjadi runner up setiap kali lolos ke final, Timnas Indonesia berpotensi membawa pulang sejumlah gelar lain di Piala AFF 2020.

Pasalnya, pemain-pemain dari skuat Garuda kini mendominasi dalam voting atau pemungutan suara untuk sejumlah gelar di ajang tersebut, seperti kiper maupun bek terbaik.

Lantas, gelar apa saja yang masih bisa dibawa pulang Timnas Indonesia di Piala AFF meski terancam gagal menjadi juara? Berikut ulasannya: