Bola Internasional

Piala AFF: Belajar dari Coach Justin, Ini Cara Timnas Indonesia Comeback Lawan Thailand

Sabtu, 1 Januari 2022 13:15 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Jelang final leg 2 Piala AFF 2020, pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mungkin bisa belajar dari Coach Justin untuk membungkam Thailand meski tertinggal.

Ya, Timnas Indonesia sudah tertinggal 4-0 dari Thailand di final leg pertama Piala AFF, Rabu (29/12/21). Sulit untuk mengejar skor di final leg 2, yang digelar Sabtu (01/01/22) ini.

Namun, hal itu bukan tidak mungkin terjadi. Coach Justin pernah melakukannya, saat ia masih menjabat sebagai pelatih Timnas Futsal Indonesia beberapa waktu lalu.

Timnas Futsal Indonesia memang kerap dihadang oleh lawan tangguh, tak hanya di level Asia Tenggara, Asia, bahkan lawan yang sudah punya nama di level dunia.

"Waktu gue masih melatih Timnas Futsal, kita selalu ketemu tim-tim besar. Ada Iran, ranking empat dunia, Kyrgyzstan juga kita kalahkan, nomor empat Asia," ucap Coach Justin.

Pengalaman yang nyaris sama antara Shin Tae-yong dan Coach Justin, yakni ketika sama-sama dibantai oleh Timnas Thailand di final Piala AFF Futsal tahun 2008 silam.

Timnas Futsal Indonesia awalnya bertemu Thailand di babak grup, dan skuat besutan Coach Justin bisa menang 3-1, lewat gol Maulana Ihsan dan Topas Pamungkas.

Kemudian, Timnas Indonesia lolos ke final dan bertemu tuan rumah Thailand. Tim tuan rumah sudah lima kali juara, hampir sama seperti situasi Piala AFF sekarang.

Pada babak semifinal, Thailand mulai terlihat perkasa saat bisa menumbangkan Malaysia dengan skor 4-0. Namun Coach Justin yakin jika Thailand pasti ada celah.