Bola Internasional

Kemeja Hitam Dianggap 'Jimat' Timnas Thailand di Piala AFF, Begini Kata Alexandre Polking

Sabtu, 1 Januari 2022 10:24 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
© Changsuek_TH
Pelatih timnas Thailand, Alexandre Polking, di Piala AFF 2020. Copyright: © Changsuek_TH
Pelatih timnas Thailand, Alexandre Polking, di Piala AFF 2020.

INDOSPORT.COM – Alexandre Polking berbicara mengenai kemeja hitam yang selalu dikenakannya tiap mengawal Timnas Thailand bertanding di Piala AFF. Pelatih asal Brasil itu juga akan memakainya saat melawan Timnas Indonesia di final. 

Alexandre Polking memimpin Timnas Thailand tampil perkasa di sepanjang turnamen Piala AFF 2020. Bahkan, pasukan Gajah Perang di ambang gelar juara untuk kali keenam usai mengalahkan Indonesia 4-0 di final leg pertama, Rabu (29/12/21).

Kemenangan ini memperpanjang rekor Thailand yang belum sekalipun kalah dalam tujuh pertandingan yang sudah dilalui.

Catatannya, Thailand meraih enam kemenangan dan hanya sekali imbang 0-0, yakni saat bermain 0-0 melawan Vietnam di semifinal leg kedua.

Di balik laju mengesankan Thailand itu, Polking ternyata masih memercayai. Dia mengaku selalu mengenakan kemeja hitam dan ini selalu berakhir dengan timnya menang.

“Ini kemeja yang sama, kaus kaki yang sama, pakaian dalam yang sama. Tapi semua itu bersih, saya bisa menjamin itu kepada Anda,” ujar Polking dilansir dari The Straits Times.

“Saya membersihkannya setiap kali kembali dari permainan. Selama saya tidak kalah dalam pertandingan, saya tidak mengubahnya. (Kemeja hitam) itu berhasil, dan saya berharap itu akan berhasil sampai besok,” tandas Polking.

Thailand sendiri Thailand menang dengan skor 4-0 atas Indonesia di leg pertama berkat aksi brace yang dicetak Chanatip Songkrasin (2', 52'), Supachok Sarachat (67'), dan Bordin Phala (83').

Hasil tersebut membuat Indonesia harus bekerja keras di leg kedua. Pasukan Shin Tae-yong setidaknya harus mencetak selisih lima gol di leg kedua untuk menjadi juara.